Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati berhasil masuk daftar 100 wanita berpengaruh dunia atau The World`s 100 Most Powerful Women 2022 versi Forbes.
Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati berhasil masuk daftar 100 wanita berpengaruh dunia atau The World`s 100 Most Powerful Women 2022 versi Forbes. ( KOMPAS.com)

Forbes Kembali Pilih Nicke Widyawati dalam Daftar 100 Wanita Berpengaruh di Dunia

9 Desember 2022 13:07 WIB

SonoraBangka.ID - Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati kembali masuk dalam daftar 100 wanita berpengaruh dunia (The World`s 100 Most Powerful Women) 2022 versi Forbes.

Nicke menjadi salah satu dari dua wanita Indonesia yang masuk ke dalam daftar tersebut. Ia berada di peringkat ke-49, sementara, Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani di peringkat ke-47.

Adapun posisi teratas dipegang oleh Presiden Komisi Eropa, Ursula von der Leyen. Forbes menjelaskan bahwa daftar tersebut ditentukan dengan empat metrik utama, yaitu pendapatan, media, dampak, dan lingkup pengaruh.

“Untuk para pemimpin politik, kami menimbang produk domestik bruto dan populasi; untuk pemimpin perusahaan, (kami menimbang) pendapatan dan jumlah karyawan; serta media menyebutkan dan menjangkau semua.

Hasilnya adalah kumpulan wanita yang melawan status quo,” tulis Forbes. Forbes menyebut bahwa Nicke sebagai Dirut wanita dinilai mampu memimpin perusahaan yang mendukung keputusan pemerintah Indonesia.

Hal ini sejalan dengan keberadaan Pertamina sebagai perusahaan milik negara. Forbes juga menyebutkan bahwa Pertamina adalah importir gas terbesar di Asia.

Nicke menilai bahwa pengakuan tersebut tidak terlepas dari dukungan seluruh manajemen dan pekerja Pertamina "Saya bersyukur dan berterima kasih atas penilaian baik dan pengakuan masyarakat internasional. (Pencapaian) ini adalah hasil kolaborasi Pertamina dengan seluruh stakeholder, dan akan menjadi motivasi untuk (kami) menjadi lebih baik ke depan," ucap Nicke.

Jejak kepemimpinan Nicke Ketika Indonesia menjadi tuan rumah dari penyelenggaraan Presidensi Group of Twenty (G20), Nicke menjabat sebagai Chair of Business 20 (B20) Energy, Sustainability & Climate Task Force.

Selain Nicke, tercatat nama lain dari sektor energi, termasuk Catherine MacGregor sebagai perwakilan dari perusahaan energi Perancis Engie, Chief Financial Officer (CFO) Shell Sinead Gorman, dan Lynn Good sebagai perwakilan dari perusahaan energi Amerika Serikat Duke Energy.

Sebagai informasi pengukuhan Nicke sebagai wanita berpengaruh versi Forbes bukanlah pertama kalinya. Tercatat, Nicke juga telah masuk dalam daftar wanita berpengaruh skala internasional dari Fortune dan Forbes pada 2020 dan 2021.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Forbes Kembali Pilih Nicke Widyawati dalam Daftar 100 Wanita Berpengaruh di Dunia", Klik untuk baca: https://biz.kompas.com/read/2022/12/08/184515228/forbes-kembali-pilih-nicke-widyawati-dalam-daftar-100-wanita-berpengaruh-di?campaign=pertamina&medium=headline&source=wp_mobile_desktop.


SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm