Ketum GAPMMI Adhi S Lukman di Kantor Wapres, Jakarta(
Ketum GAPMMI Adhi S Lukman di Kantor Wapres, Jakarta( ( KOMPAS.com)

GAPMMI: Industri Air Minum Bisa Hemat Rp 1,5 Triliun Jika Gunakan Bahan PET

14 Desember 2022 07:55 WIB

SonoraBangka.ID - Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (GAPMMI) mengatakan, konsumen perlu memilih alternatif air minum kemasan sekali pakai dari jenis Polyethylene Terephthalate (PET) dan meninggalkan galon plastik guna ulang yang berpotensi bercampur senyawa berbahaya Bisphenol A (BPA).

Ketua Umum GAPMMI Adhi S. Lukman mengatakan, berdasarkan data GAPMMI, industri air minum dalam kemasan sebetulnya mampu menghemat biaya produksi hingga Rp 1,5 triliun per tahun.

Hal itu dapat tercapai jika beralih menggunakan galon dari jenis plastik PET. Produksi galon PET terbukti lebih murah 50 persen dibanding produksi galon guna ulang BPA yang lebih banyak menggunakan bahan impor.

Selain itu, ia bilang, galon plastik berbahan dasar PET adalah alternatif yang memiliki nilai keamanan dan kesehatan lebih tinggi, dan juga lebih ekonomis.

Di luar galon, saat ini seluruh produsen AMDK botol, baik industri besar maupun produsen kecil dan menengah, telah menggunakan plastik jenis PET.

“Galon berbahan plastik jenis PET mampu menghemat biaya produksi secara signifikan yang pada akhirnya memacu pertumbuhan industri AMDK, tak terkecuali industri kecil menengah,” kata dia dalam siaran pers, dikutip Selasa (13/12/2022).

Lebih jauh, Adhi mengatakan, keputusan pemerintah untuk mewajibkan pelabelan galon bekas pakai berdasarkan kajian yang mendalam. Hal itu juga dilakukan untuk melindungi konsumen.

Kajian BPOM dilakukan dengan mengacu pada penerapan regulasi serupa di negara-negara maju, yang sudah lebih dulu menerapkan larangan dan memperketat penggunaan BPA sebagai campuran bahan kemasan pangan.

"Label berupa peringatan tentang kandungan BPA, adalah usaha untuk memberikan kepastian bagi konsumen dalam mengonsumsi produk yang terjamin keamanan dan kesehatannya,” ucap dia.

“Karenanya, GAPMMI mengajak industri untuk saling berkolaborasi menciptakan alternatif- alternatif kemasan yang lebih aman,” tandas dia.

Sebagai informasi, GAPMMI beranggotakan 400 perusahaan makanan dan minuman di seluruh Indonesia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "GAPMMI Sebut Industri Air Minum Bisa Hemat Rp 1,5 Triliun Jika Gunakan Bahan PET", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2022/12/13/212000926/gapmmi-sebut-industri-air-minum-bisa-hemat-rp-1-5-triliun-jika-gunakan-bahan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm