Ilustrasi tuas transmisi manual mobil Toyota(James Gilboy/thedrive.com)
Ilustrasi tuas transmisi manual mobil Toyota(James Gilboy/thedrive.com) ( KOMPAS.COM)

Sudah Tahu Cara Memindahkan Tuas Persneling Pada Mobil Manual yang Benar?

14 Desember 2022 22:24 WIB

SONORABANGKA.ID - Melakukan Memindahkan gigi atau persneling sering diabaikan sebagai salah satu teknik berkendara, terutama pada mobil transmisi manual.

Secara berkesinambungan, pengendara harus mengendalikan tuas persneling, pedal kopling, rem, gas, termasuk memantau keadaan sekitar kendaraan.

Alasan ini yang membuat mengemudi itu butuh konsentrasi tinggi dan tidak bisa disambi aktivitas lain.

Situas ini juga kerap membuat kebanyakan pengemudi pemula akan kesulitan untuk membagi fokus dalam berkendara.

Pada akhirnya, pengendara sering salah dalam memindahkan gigi karena kesulitan membagi fokus pada tuas persneling saat berkendara.

Alhasil, pada saat salah memindahkan gigi, mobil tidak bisa melaju dengan mulus atau mengganggu kenyamanan berkendara. Oleh karena itu, pada saat mengendarai mobil manual dibutuhkan teknik berkendara yang tepat.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, jika baiknya pengendara hanya melihat ke objek depan jalan saja sehingga tidak perlu melihat tuas persneling saat pindah gigi.

“Tuas persneling tidak perlu dilihat. Saat pindah gear (gigi), arah muka dan mata pengendara tetap tertuju ke depan,” kata Sony kepada Kompas.com, Selasa (14/12/2022).

Apabila pengendara selalu melihat tuas, mengemudi jadi berbahaya lantaran tidak memperhatikan objek di sekitar jalan. Maka dari itu, pandangan pengendara baiknya tertuju pada depan jalan saat memindahkan gigi.

Menurut Sony, ketika seseorang sudah hapal maka akan lancar memindahkan tuas gigi tanpa melihat. Kemahiran ini bisa didapat salah satunya dengan melalui proses orientasi dan belajar.

Sementara itu, untuk posisi tangan dalam memegang tuas persneling tidak ada aturan khusus. Kendati bagi pengemudi pemula kebanyakan masih kaku, seiring berjalannya waktu akan menemukan cara memegang tuas yang paling nyaman.

Hal ini lantaran setiap masing-masing pengendara memiliki posisi nyaman yang berbeda dalam memegang tuas gigi.

“ Yang penting bukan cara memegang tuasnya karena prinsip memegang hanya nyaman pada bonggol diatasnya, tapi yang penting adalah kemampuan pengemudi dalam memindah-mindahkan tuas dengan benar,” kata Sony.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sudah Tahu Cara Memindahkan Tuas Persneling Mobil Manual yang Benar?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/12/14/094200115/sudah-tahu-cara-memindahkan-tuas-persneling-mobil-manual-yang-benar-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm