Ilustrasi dapur, dekorasi dapur sederhana. (UNSPLASH/SOSEY INTERIORS)
Ilustrasi dapur, dekorasi dapur sederhana. (UNSPLASH/SOSEY INTERIORS) ( KOMPAS.COM)

Kompor Tidak Boleh Bersebelahan dengan Bak Cuci Piring, Mengapa?

16 Desember 2022 19:14 WIB

SONORABANGKA.ID - Pada feng shui, dapur adalah salah satu ruangan penting di rumah. Feng shui dapur tidak cuma tata letak atau warna dapur yang perlu menjadi perhatian.

Tata letak kompor di dapur pun harus diperhatikan dengan baik.

Pasalnya, dikutip dari Feng Shui Beginner, Kamis (15/12/2022), dalam perspektif feng shui, kompor adalah representasi perempuan pemilik rumah. Kalau energi negatif tercipta karena posisi kompor, maka akan berdampak lebih besar pada pemilik perempuan di rumah.

Elemen api (kompor) dan Air (bak cuci piring atau kulkas) saling berbenturan sehingga penempatan kompor dan sink harus sedemikian rupa sehingga posisinya tidak bersebelahan.

Ini dapat menyebabkan ketidakharmonisan pasangan suami istri, kehilangan kekayaan, kecelakaan atau kesialan lainnya.

Maka dari itu, berikut beberapa cara memperbaiki situasi kompor bersebelahan dengan bak cuci piring menurut feng shui.

1. Letakkan kompor jauh dari bak cuci piring

Tentu saja cara utama adalah Anda perlu memindahkan kompor menjauh dari bak cuci piring. Dengan demikian, dua elemen yang bertentangan ini tidak bertabrakan.

Sebaiknya ada jarak minimal 45 cm antara kompor dan bak cuci piring bila memungkinkan.

2. Tempatkan partisi untuk menghalangi pandangan

Kalau ada kendala ruang atau Anda memiliki dapur sempit sehingga tidak memungkinkan untuk memindahkan kompor, maka Anda bisa menggunakan partisi.

Anda bisa mencoba meletakkan layar pembatas di antaranya sehingga bisa digunakan untuk menghalangi pandangan langsung.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kompor Tidak Boleh Bersebelahan dengan Bak Cuci Piring, Kenapa?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/homey/read/2022/12/15/102700776/kompor-tidak-boleh-bersebelahan-dengan-bak-cuci-piring-kenapa-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm