Mekanik bengkel resmi Toyota Nasmoco Majapahit Semarang melakukan pergantian oli mesin Innova Reborn (Dicky Aditya Wijaya)
Mekanik bengkel resmi Toyota Nasmoco Majapahit Semarang melakukan pergantian oli mesin Innova Reborn (Dicky Aditya Wijaya) ( KOMPAS.COM)

Patokan Waktu Ganti Oli Mesin untuk Mobil Yang Dipakai Dalam Kota

20 Desember 2022 22:37 WIB

SONORABANGKA.ID - Melakukan Penggantian oli mesin memang perlu diganti secara teratur dan tepat waktu. Bila telat melakukan penggantian oli mesin, berbagai masalah akan timbul pada mesin.

Tapi, patokan untuk mengganti oli mesin cukup membingungkan karena ada dua, yaitu bisa berdasarkan jarak tempuh atau waktu. Padahal, antara jarak tempuh atau waktu yang ditentukan ini akan terpaut cukup jauh tergantung dengan pemakaian mobil.

Bagi mobil yang jarang dipakai, atau pemakaian dalam kota, untuk menempuh jarak 10.000 km butuh waktu yang lebih dari 6 bulan. Ini kerap terjadi dan membuat sebagian orang bingung.

Pemilik Aha Motor Hardi Wibowo mengatakan, walau mobil jarang dipakai, atau pemakaian dalam kota, waktu yang direkomendasikan untuk ganti oli mesin sebaiknya diganti segera.

“Karena oli mesin sebenarnya mulai bekerja terhitung sejak mesin bekerja, bukan ketika mobil mulai melaju, itu sebabnya ada patokan waktu untuk penggantian oli mesin,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Minggu (18/12/2022).

Dia mengatakan, khusus untuk mobil-mobil yang digunakan di dalam kota, biasanya jarak tempuh akan lama bertambah, sedangkan waktu penggantian oli terasa cepat tercapai.

“Mobil yang dipakai di dalam kota, yang kerap terjebak macet, maka jarak tempuh mobil akan lama sekali bertambah, sementara itu mesin tetap bekerja selama mobil digunakan, ini perlu dijadikan perhatian,” ucap Hardi.

Menurut Hardi, meski jarak tempuh belum tercapai, waktu yang direkomendasikan untuk ganti oli sudah tercapai sebaiknya tetap dilakukan penggantian oli mesin, jangan menunda-nunda.

Sementara itu, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, untuk kasus tertentu, jarak tempuh akan kalah dengan waktu yang direkomendasikan untuk melakukan ganti oli.

“Kalau mobil jarang dipakai kilometer kan pasti rendah, sebaiknya 6 bulan tetap ganti oli, walaupun olinya masih aman, ini untuk pencegahan saja terjadinya oil sludge,” ucap Didi kepada Kompas.com, Minggu (18/12/2022).

Dia mengatakan, kualitas oli mesin tidak bisa dilihat dari warna. Maka dari itu, sebagai langkah antisipasi terjadinya masalah, sebaiknya tetap mematuhi waktu penggantian oli yang sudah ditentukan.

Jadi, untuk mobil yang jarang dipakai atau pemakaian dalam kota, wajib tetap melakukan penggantian oli mesin bila waktunya sudah tiba meski kondisi oli terlihat seperti masih layak pakai.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Patokan Waktu Ganti Oli Mesin untuk Mobil Pemakaian Dalam Kota", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/12/20/131200415/patokan-waktu-ganti-oli-mesin-untuk-mobil-pemakaian-dalam-kota.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm