Perawatan ban cadangan mobil agar siap digunakan kondisi darurat(Dicky Aditya Wijaya)
Perawatan ban cadangan mobil agar siap digunakan kondisi darurat(Dicky Aditya Wijaya) ( KOMPAS.COM)

Ban yang Kerap Terlupakan Sebelum Melakukan Liburan Naik Mobil

21 Desember 2022 20:08 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Libur Natal dan Tahun baru sudah di depan mata. Sudah sepatutnya mempersiapkan mobil pribadi ketika ada rencana berlibur ke luar kota, salah satunya menyangkut ban.

Pastikan sudah melakukan persiapan khusus untuk mobil yang akan digunakan. Jangan sampai malah timbul kendala di perjalanan.

Termasuk memastikan kondisi ban cadangan yang kerap terlupakan. Pasalnya, ban cadangan memiliki peran krusial dalam kondisi darurat dalam perjalanan.

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim mengatakan, krusial memeriksa ban cadangan sebelum bepergian menggunakan mobil pribadi.

“Ban cadangan itu penting, jika tidak maka setiap mobil tidak akan dilengkapi ban tersebut, maka dari itu perlu memastikan kondisinya sebelum bepergian, termasuk memeriksa tekanan anginnya,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Selasa (20/12/2022).

Dia mengatakan ban cadangan jarang diperhatikan karena letaknya yang tertutup, padahal angin pada ban bisa kempis dengan sendirinya kalau jarang digunakan.

“Biasanya ban cadangan yang jarang diperiksa kondisinya kempis, karena tekanan angin ban bisa berkurang bila ban tidak digunakan, maka dari itu perlu diperiksa sebelum bepergian menggunakan mobil,” ucap Ibrohim.

Dia mengatakan selama perjalanan banyak kemungkinan yang bisa terjadi. Termasuk ada risiko ban bocor dan sejenisnya, yang mengharuskan pemilik mobil menggunakan ban cadangan.

“Jangan sampai, ketika ban cadangan dibutuhkan di tengah perjalanan dalam kondisi yang tidak prima, itu akan mempersulit pengendara,” ucap Ibrohim.

Dia mengatakan dengan ban cadangan yang prima, maka pengendara bisa langsung mengganti ban ketika dibutuhkan.

“Dengan melakukan penggantian ban langsung, maka waktu akan jauh lebih efisien, perjalanan pun bisa segera dilanjutkan,” ucap Ibrohim.

Oleh karena itu, penting sekali memastikan tekanan angin ban cadangan sebelum bepergian.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ban yang Kerap Terlupakan Sebelum Liburan Naik Mobil", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/12/21/102200415/ban-yang-kerap-terlupakan-sebelum-liburan-naik-mobil.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm