Ilustrasi semangkuk bubur sumsum, hidangan khas Jawa terbuat dari tepung beras.
Ilustrasi semangkuk bubur sumsum, hidangan khas Jawa terbuat dari tepung beras. ( SHUTTERSTOCK/ARIYANI TEDJO)

Lembut Dan Tidak menggumpal, Berikut Ini 2 Cara Membuat Bubur Sum Sum

22 Desember 2022 06:44 WIB

SonoraBangka.id - Bubur sumsum yang enak memiliki tekstur lembut dan tidak menggumpal, sementara rasanya bisa gurih maupun manis. Pembuatan bubur sumsum terbilang simpel. Bahan yang dibutuhkan juga tidak terlalu banyak. Hanya saja, bubur putih yang terbuat dari tepung beras ini harus dimasak dengan tepat agar bentuknya tidak menggumpal. Jika ingin bikin sajian ini di rumah, coba simak dua cara membuat bubur sumsum agar lembut dan tidak menggumpal, seperti disarankan Sabrina Santoso, pemilik Pisang Ijo Cendana, berikut ini.

1. Ayak tepung beras

Gumpalan bahan atau adonan dalam bubur sumsum bisa jadi dikarenakan tepung beras yang tidak diayak. Pembuatan makanan dari tepung, termasuk bubur sumsum, sebaiknya melewati proses mengayak untuk memastikan tidak ada gumpalan tepung. Sabrina mengatakan, dirinya selalu memastikan pengayakan tepung sebelum membuat bubur sumsum. Hasilnya, bubur sumsum tidak menggumpal.

2. Aduk terus-menerus selama pemasakan

Tepung beras akan dimasak bersama santan dan bahan lainnya untuk menghasilkan bubur sumsum. Selama pemasakan tersebut, pastikan untuk terus mengaduk bubur sumsum agar tidak menggumpal. "Masaknya harus benar-benar sampai matang. Tidak bisa hanya sampai mendidih, langsung dimatikan api kompornya," tutur Sabrina saat ditemui Kompas.com di Pisang Ijo Cendana, Menteng, Jakarta Pusat pada Selasa (20/12/2022). Jadi, kamu perlu mengaduknya dari awal pemasakan hingga bubur sumsum matang. Setelah mendidih, aduk lagi sebentar, baru matikan api kompor.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "2 Cara Membuat Bubur Sumsum Lembut dan Tidak Menggumpal", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2022/12/21/161000375/2-cara-membuat-bubur-sumsum-lembut-dan-tidak-menggumpal.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm