Laman sscasn bkn untuk pendaftaran PPPK tenaga teknis tahun 2022.
Laman sscasn bkn untuk pendaftaran PPPK tenaga teknis tahun 2022. ( KOMPAS.com)

Seleksi PPPK Tenaga Teknis, Ini Cara Daftar Akun di Portal SSCASN

22 Desember 2022 16:26 WIB

SonoraBangka.ID - Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah menerbitkan jadwal pelaksanaan pendaftaran seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk Tenaga Teknis.

Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama BKN Satya Pratama menjelaskan, pendaftaran telah dimulai pada 21 Desember 2022 dan dijadwalkan akan berlangsung hingga 6 Januari 2023. Sementara seleksi administrasi akan dilakukan hingga 11 Januari 2023.

"Pelaksanaan pendaftaran akan dilakukan melalui portal SSCASN BKN yang dapat diakses melalui sscasn.bkn.go.id. Calon peserta seleksi PPPK Teknis sudah dapat membuat akun pada portal sebelum pendaftaran dimulai," katanya dikutip Kamis (22/12/2022).

Satya menambahkan, untuk pengumuman formasi seleksi PPPK Tenaga Teknis 2022 akan diumumkan oleh masing-masing instansi dengan merujuk jadwal yang telah ditetapkan BKN.

Oleh karena itu, calon peserta seleksi diimbau untuk membaca pengumuman seleksi penerimaan PPPK Tenaga Teknis pada instansi yang akan dilamar.

"Selengkapnya untuk mengecek ketersediaan lowongan formasi yang tersedia, calon peserta seleksi dapat mengaksesnya pada portal SSCASN BKN di menu layanan informasi," kata dia.

BKN menargetkan rangkaian seleksi penerimaan PPPK Tenaga Teknis ini rampung hingga Juni 2023. Selama pelaksanaan seleksi berlangsung, kata Satya, calon peserta juga diimbau hanya merujuk pada sumber informasi resmi milik instansi pemerintah, baik pada instansi yang dilamar maupun lewat kanal informasi BKN.

Sebelum melakukan pendaftaran, pelamar dapat mempersiapkan dokumen seperti Kartu keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), Ijazah, Transkrip Nilai, Pas foto, dan dokumen lain sesuai instansi yang akan dilamar.

Cara Daftar Akun

Dikutip dari informasi resmi BKN, berikut tata cara pendaftaran akun PPPK Tenaga Teknis Tahun 2022:

  • Masuk ke portal SSCASN, https://sscasn.bkn.go.id.
  • Pilih menu buat akun.
  • Isi Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor kartu keluarga, nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, nomor handphone, e-mail aktif, kode captcha, dan klik Lanjutkan.
  • Akan muncul formulir dan isikan sejumlah data yang dibutuhkan, termasuk mengunggah foto KTP dan swafoto.
  • Anda dapat membuat password yang nantinya digunakan untuk login ke laman SSCASN.
  • Pastikan telah mengisi semua data dengan lengkap dan benar sebab data yang telah disimpan tidak bisa diperbaiki atau diubah.
  • Masukkan kode captcha yang tertera dan klik Lanjutkan Selanjutnya lakukan pengecekan ulang data, sebelum mengakhiri pendaftaran akun pastikan data benar dan swafoto jelas.
  • Apabila telah yakin dengan data yang diinputkan, tekan tombol Iya dan pendaftaran selesai.
  • Setelah selesai melakukan pendaftaran akun, maka peserta dapat mengunduh informasi pendaftaran atau melanjutkan login ke akun SSCASN dengan menekan tombol Lanjutkan Login Pendaftaran.
  • Untuk melanjutkan pendaftaran PPPK 2022, Anda dapat login ke laman SSCASN dengan memasukkan NIK dan password yang sudah terdaftar.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Seleksi PPPK Tenaga Teknis, Ini Cara Daftar Akun di Portal SSCASN", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2022/12/22/070802926/seleksi-pppk-tenaga-teknis-ini-cara-daftar-akun-di-portal-sscasn.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm