( )

Begini Isi Wasiat Dari Sosok Mak Nyak Sebelum Meninggal Dunia

23 Desember 2022 07:48 WIB

SONORABANGKA.ID - Aminah Cendrakasih atau dikenal Mak Nyak memberikan sejumlah wasiat kepada anak sebelum meninggal dunia. Salah satunya adalah Mak Nyak meminta dimakamkan satu liang lahad dengan sang ibu, Mak Wok.

Ade Purbasari, anak Mak Nyak, adalah orang yang mengungkapkan wasiat itu. Ade mengatakan bahwa saat kondisi Mak Nyak tidak sehat seperti biasanya, sang ibu sudah memikirkan rumah terakhirnya.

"Iya, jadi sebenarnya kita pernah ngobrol-ngobrol waktu masih biasa-biasa saja, 'Kalau makamin, ibu mau di mana, ya? Yang dari rumah dekat?' Kata Ibu, 'Ah, aku maunya di Karet dekat Mak Wok.' Terus ada makam saudara di sini satu, laki-laki," kata Ade Purbasari di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat, Kamis (22/12).

Ade saat itu menyetujui permintaan sang ibu yang meminta dimakamkan satu liang lahad dengan sang nenek.

"Terus aku kasih saran di mana, aku kasih saran kalau mau, di (makam) Mak Wok aja, kan, sudah lama. Terus ibu, 'Oh, iya, ya.' Terus kalau saudara-saudara tanya kita sudah tahu. Akhirnya, ya, sudah biar kita nggak ke mana-mana nyari, sudah langsung saja karena memang sudah pesan seperti itu," terang Ade.

Ade kemudian mengungkapkan wasiat lainnya. Ade mengatakan bahwa sang ibu menyampaikan padanya bahwa tidak ingin diadakan tahlilan.

"Terus masalah wasiat dan lainnya penyelenggaraan pemakaman karena dengan pemahaman agama masing-masing. Nanti kita juga tidak akan mengadakan tahlilan di rumah karena wasiat dia, kan," tutup Ade Purbasari.

Aminah Cendrakasih yang dikenal sebagai Mak Nyak dalam serial dan film Si Doel meninggal dunia pada Rabu (21/12) malam. Jenazah Mak dimakamkan hari ini, Kamis (22/12) di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm