Ilustrasi kroket singkong.
Ilustrasi kroket singkong. ( Dok. Sajian Sedap)

Tidak Mudah Mecah, Berikut Cara Mengolah Kentang Untuk Mmebuat Kroket

24 Desember 2022 21:43 WIB

SonoraBangka.id - Kroket merupakan camilan dari kentang yang diisi dengan berbagai macam bahan. Mulai dari sayuran, suwiran daging ayam, hingga daging giling.  Cara membuat kroket sebetulnya mudah, hanya saja perlu memerhatikan beberapa hal agar kulitnya tidak pecah.  Kulit kroket yang berasal dari kentang dikukus kemudian ditumbuk halus ini bisa pecah dan membuat hasilnya lembek, jika salah salah.  Oleh karena itu, dilansir dari majalah Saji / ED 341 NOV 2015 terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, ada beberapa tips mengolah kentang agar hasil dari kroket tidak mudah pecah. 

1. Gunakan kentang tes 

Pada majalah tersebut menyebutkan untuk menggunakan kentang tes karena kadar airnya tidak banyak. Penggunaan jenis kentang tersebut untuk menghindari hasil dari kroket menjadi lembek. 

2. Kukus kentang bersama kulitnya

Masak kentang dengan cara dikukus hingga matang dan empuk. Kukus dengan kulitnya agar kentang tidak menyerap air saat pengukusan. 

3. Cara haluskan kentang untuk kroket 

Ada cara menghaluskan kentang untuk kroket yaitu tumbuk saat masih panas. Haluskan kentang untuk krotek bisa dengan menggunakan garpu.  Hindari menggunakan gilingan daging, karena pati kentang akan keluar dan menghilang sehingga kesedapannya berkurang.

4. Gunakan tepung terigu 

Tambahkan tepung terigu ke dalam kentang yang sudah ditumbuk. Perbandingannya 1 kilogram kentang dengan 1 sendok makan tepung terigu.  Jangan terlalu banyak menggunakan tepung terigu karena bisa membuat aroma kentang menghilang. 

5. Goreng kentang 

Ditambahkan dari buku “Buku Seri Wirausaha Kuliner – Berbisnis Ayam Goreng ala KFC (Ayam Kremes,Ayam Tulang Lunak, & Aneka)” (2013) oleh Team Dapur Lezat penerbit PT Pertiwi Mediasindo. Sebaiknya mengolah kentang dengan cara digoreng karena tidak membuat kroket mudah pecah. Selain itu, kentang goreng mudah dihaluskan dan hasilnya tidak bergerindil.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Cara Olah Kentang Untuk Bikin Kroket Antipecah", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2022/12/22/110900975/5-cara-olah-kentang-untuk-bikin-kroket-antipecah?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm