Ilustrasi dendeng ragi khas Banyuwangi.
Ilustrasi dendeng ragi khas Banyuwangi. ( DOK.SHUTTERSTOCK/WIWIK WAHYUDI)

Hasilnya Empuk, Berikut Ini 6 Cara Membuat Dendeng Ala Rumahan

24 Desember 2022 21:50 WIB

SonoraBangka.id - Dendeng sapi merupakan makanan semibasah yang biasa diolah dengan cara dikeringkan. Bahan dan proses membuat dendeng sapi tidak sulit.  Hanya saja, kamu perlu mengetahui beberapa hal agar hasilnya tidak gagal. Ada pun untuk bahan utamanya tidak selalu menggunakan daging sapi, tetapi kamu bisa menggunakan daging kerbau, kambing, hingga ikan.  Dilansir dari beberapa sumber, simak cara membuat dendeng sapi berikut ini. 

1. Siapkan rempah

Dilansir dari buku "Kelezatan Makanan dari Daging" (2018) oleh Uti Darmawati terbitan PT Maraga Borneo Tarigas. Gunakan rempah dan empon-empon seperti ketumbar, jahe, kunyit, dan laos untuk memberikan cita rasa pada dendeng. Selain itu, gunakan juga bawang putih dalam jumlah tertentu. Pasalnya, bawang putih bisa digunakan untuk membunuh bakteri dan asam pada hidangan.

2. Rebus daging dengan air kelapa

Dilansir dari laman Kompas.com yang tayang pada Sabtu (02/04/2022), Executive Chef DoubleTree by Hilton Jakarta-Diponegoro, Zulkarnain menyarankan menggunakan irisan tipis daging sapi yang direbus dengan air kelapa.

3. Cara iris daging sapi

Iris daging sapi dengan tebal sekitar tiga sampai lima milimeter. Kalau kamu ingin membuat dendeng dari ikan, pertama iris bentuk butterfly. Setelah itu, buang sisik, isi perut, dan kepala. Iris dengan bentuk filet dan tiriskan untuk nantinya dimaska bersama bumbu. 

4. Jemur hingga kering

Kamu bisa menjemur dendeng sapi di bawah sinar matahari hingga kering agar hasilnya bisa awet lama. Gunakan kasa plastik dan lakukan pengeringan selama 3 sampai 4 jam. Bolak-balik agar cara mengeringkan daging hasilnya merata di berbagai sisi.

5. Keringkan oven dalam oven

Selain menggunakan sinar matahari, kamu juga bisa mengeringkan daging dalam oven. Gunakan oven dengan suhu sekitar 70 derajat celsius.

6. Masukkan dalam plastik Kamu bisa menggunakan plastik vakum untuk menyimpan dendeng yang sudah jadi. Cara simpan dendeng ini bisa membuatnya tahan lama.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6 Cara Membuat Dendeng Ala Rumahan, Hasilnya Empuk", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2022/12/21/111300175/6-cara-membuat-dendeng-ala-rumahan-hasilnya-empuk.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm