Aki Mobil(ASTRA OTOPARTS)
Aki Mobil(ASTRA OTOPARTS) ( KOMPAS.COM)

Penting, Periksa Aki Mobil Sebelum Melakukan Perjalanan Jauh

25 Desember 2022 21:48 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Aki atau baterai merupakan komponen yang sangat penting pada mobil. Tanpa aki yang prima, mobil bisa saja mengalami mogok karena susah menghidupkan mesin.

Oleh karena itu, sebelum Anda melakukan perjalanan jauh menggunakan mobil selama libburan sebaiknya memeriksa kondisi aki.

Terlebih lagi, aki biasanya mengalami drop tiba-tiba saja sehingga berrisiko bila tidak memastikan kondisi aki sebelum perjalanan jauh.

Lantas, apa yang saja yang perlu diperiksa untuk menghindari aki mobil drop tiba-tiba selama liburan?

Kepala Toko Shop & Drive Penggaron Suprawitno, mengatakan sebelum bepergian memang sebaiknya aki mobil diperiksa, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti mobil mogok dan sejenisnya.

“Penting sekali memeriksa kondisi aki, karena selama liburan kita tidak tahu kondisi lingkungan yang akan dikunjungi, apakah ada toko aki, bengkel atau tidak, pasalnya kalau sampai mobil mogok karena aki, solusinya harus minta bantuan ke orang lain,” ucap Supra kepada Kompas.com, Sabtu (24/12/2022).

Dia mengatakan, dengan melakukan pemeriksaan aki sebelum perjalanan jauh, maka risiko mobil mogok selama liburan dapat dihindari.

“Saat memeriksa kondisi aki, bisa diketahui apakah aki tersebut sudah waktunya ganti atau belum, karena sebelum perjalanan jauh aki harus benar-benar prima agar tidak mengalami drop di perjalanan,” ucap Supra.

Dia menjelaskan, tanda aki yang harus segera diganti bisa dilihat dari usia aki, hingga kemampuan aki dalam menyimpan daya listrik.

“Tanda aki sudah waktunya ganti bila dilihat dari usia pemakaian, setidaknya sudah di atas dua tahun sebaiknya diganti saja karena umumnya kemampuan aki dalam menyimpan arus listrik sudah mulai menurun,” ucap Supra.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm