Ilustrasi bubur ketan hitam.
Ilustrasi bubur ketan hitam. ( shutterstock/Amallia Eka)

Berikut 2 Cara Menghangatkan Dan Menyimpan Bubur Ketan Hitam

27 Desember 2022 21:00 WIB

SonoraBangka.id -  Bubur ketan hitam merupakan makanan tradisional Indonesia yang tidak bisa disimpan lama, apalagi bila sudah dicampur santan. Namun, kamu masih bisa memperpanjang masa simpannya selama beberapa hari ke depan bila penyimpanannya tepat. Sabrina Santoso, pemilik Pisang Ijo Cendana, membagikan tiga cara menyimpan dan menghangatkan bubur ketan hitam berikut ini. Baca juga: Resep Bubur Kacang Hijau dan Ketan Hitam Kuah Santan Resep Bubur Candil Ketan Hitam, Siram Saus Santan Manis Gurih Resep Es Tape Ketan Hitam Putih, Manis dan Segar

1. Bekukan bubur ketan hitam

Sabrina biasanya hanya menyimpan bubur ketan hitam sampai dua hari. Namun, kamu bisa memperpanjangnya hingga tiga hari atau lebih. Kuncinya ada di tempat penyimpanan. Ia mengatakan, bubur ketan hitam harus disimpan beku di freezer. "Yang penting di-frozen, pasti tahan lebih lama sebenarnya," kata Sabrina saat ditemui Kompas.com di Pisang Ijo Cendana, Menteng, Jakarta Pusat pada Selasa (20/12/2022). Sebelum menyimpannya di freezer, tempatkan bubur ketan hitam dalam wadah kedap udara agar tidak terkontaminasi bau dan aroma lainnya.

2. Hangatkan hingga mendidih 

Jika ingin menyajikan kembali bubur ketan hitam, kamu bisa menghangatkannya satu kali. Jangan menghangatkan bubur ketan hitam berulang kali, rasa serta teksturnya bisa banyak berubah sehingga menurunkan kualitasnya. Cara menghangatkan bubur ketan hitam beku adalah mengeluarkannya dari freezer dan tunggu sebentar hingga suhunya menurun. Setelah itu, masak kembali bubur di panci yang sudah diletakkan di atas kompor, biarkan dimasak hingga mendidih. "Bisa ditambahkan sedikit air yang penting masak sampai meleleh. Masih enak kok rasanya," kata Sabrina.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "2 Cara Simpan dan Hangatkan Bubur Ketan Hitam", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2022/12/22/170700275/2-cara-simpan-dan-hangatkan-bubur-ketan-hitam.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm