ilustrasi ikan tenggiri, salah satu jenis ikan untuk membuat nugget.
ilustrasi ikan tenggiri, salah satu jenis ikan untuk membuat nugget. ( SHUTTERSTOCK/Oqbas)

Bekal Membuat Siomay, Berikut 3 Tips Memilih Ikan Tenggiri Yang Segar

29 Desember 2022 06:28 WIB

 

SonoraBangka.id - Sebelum membuat siomay, kamu harus mengetahui cara memilih ikan tenggiri yang tepat. Pastikan untuk memilih ikan tenggiri segar agar kualitas siomay yang dihasilkan baik dan terasa nikmat. Ada beberapa cara memilih ikan tenggiri segar untuk membuat siomay, seperti disampaikan oleh Ardi Hermawan, karyawan Siomay Chipsy, berikut ini.

1. Pilih ikan tenggiri belang

Ardi atau yang juga akrab disapa Mawan mengatakan, setidaknya ada empat jenis ikan tenggiri, yakni belang, totol, polos, dan kawanf atau gepeng. Dirinya sudah mencoba semua jenis ikan tenggiri tersebut. Menurut Mawan, jenis ikan tenggiri belang lah yang paling tepat untuk dijadikan bahan baku siomay. "Pilih yang ikan tenggiri dengan kulit belang. Kalau motif totol gak bisa, kandungan minyaknya lebih banyak, terus membuat siomay gampang kopong," jelas Mawan. 

2. Lihat warna insang dan mata ikan 

Menurut Mawan, insang ikan tenggiri segar berwarna merah. Kamu bisa memegang dan melihat di bagian antara kepala dan badan untuk memastikan hal ini. Selanjutnya, perhatikan mata ikan tenggiri. Ikan yang masih segar umumnya memiliki warna mata segar atau benih, bukan putih apalagi keruh.

3. Tekan kulit ikan

Coba tekan kulit ikan tenggiri di bagian badannya. Tekstur sekal menunjukkan bahwa ikan masih segar dan baik diolah menjadi siomay. "Kulit ikan segar itu masih mengkel, belum lembek pokoknya," kata Mawan saat ditemui Kompas.com, Kamis (15/12/2022).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Pilih Ikan Tenggiri Segar, Bekal Bikin Siomay", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2022/12/17/150800875/3-cara-pilih-ikan-tenggiri-segar-bekal-bikin-siomay.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm