Apa itu OTP adalah salah satu lapisan keamanan saat transaksi online bank.
Apa itu OTP adalah salah satu lapisan keamanan saat transaksi online bank. ( freepik.com/stories)

Agar Aman dan Tak Tertipu, Begini Tips Menjaga Kerahasiaan Kode OTP !

30 Desember 2022 09:01 WIB

SonoraBangka.idOTP adalah sistem pengamanan akun sekali pakai untuk login ke platform digital. OTP tak bisa diganti oleh pengguna layaknya password biasa.

Kode OTP (One-Time Password) merupakan kata sandi sekali pakai yang terdiri dari 4-6 angka unik dan rahasia yang dikirimkan oleh operator melalui pesan SMS atau email.

Kode OTP akan digunakan saat masuk ke beberapa aplikasi, email, atau saat konfirmasi transaksi online.

Kode OTP juga memiliki kegunaan lainnya yaitu dalam soal keamanan. OTP berperan menjaga keamanan akun saat transaksi atau perubahan di akun digital.

Kode OTP menjadi langkah awal dalam memperkuat autentikasi ketika pengguna aplikasi memasukkan ID dan Password.

Biasanya, kode OTP diberlakukan pada aplikasi yang berkaitan dengan transaksi online seperti belanja online, pinjaman online, dompet digital dan sebagainya.

Kehadiran kode OTP berguna untuk mencegah kejahatan digital yang mengancam pengguna. Oleh karena itu, kode OTP memiliki tugas penting dalam menjaga data rahasia pengguna.

Mengingat risiko dari kejahatan yang mungkin terjadi sangat besar, berikut tips menjaga kerahasiaan kode OTP melansir keterangan rilis dari OCBC NISP!

1. Selalu Waspada dan Teliti

Jika ada nomor asing yang menghubungi dan mengaku sebagai petugas bank, kamu perlu berhati-hati dan memastikan kebenarannya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm