( )

Bukan Redup Malah Gus Samsudin Dapat Gelar dari Keraton Surakarta

30 Desember 2022 13:17 WIB

SONORABANGKA.IDGus Samsudin sempat membuat geger publik setelah diduga mengalami gangguan jiwa gegara bertingkah aneh dalam video yang tersebar di media sosial.
Kini pria bernama asli Samsudin Jadab itu mendapatkan gelar Kanjeng Raden Tumenggung dari Lembaga Dewan Adat (LDA) Keraton Surakarta.

Mengutip CNN Indonesia, pimpinan Padepokan Nur Dzat Sejati di Desa Rejowinangun, Blitar, Jawa Timur itu naik pangkat dari Raden Tumenggung Samsudin Condrodipo menjadi Kanjeng Raden Tumenggung Samsudin Condronegoro.

Ketua LDA Keraton Surakarta GKR Wandansari menyebut kenaikan pangkat itu digelar di Gresik, Jawa Timur pada November lalu.

"Tadinya gelarnya Raden Tumenggung terus sekarang pakai tambahan kanjeng jadi Kanjeng Raden Tumenggung," ujar adik SISKS Pakubuwana XIII Hangabehi itu, Rabu (28/12).

Gelar itu diberikan lantaran Gus Samsudin dianggap sebagai sosok yang berpengaruh di lingkungannya.

"Apapun kan dia sebagai tokoh masyarakat di lingkupnya. Dengan diberi kepercayaan penghargaan dari Keraton kami harapkan biar semakin baik untuk berbuat masyarakat itu," lanjutnya.

Sebelumnya Gus Samsudin sempat menjalani rehabilitasi di Pondok Pesantren Conromowo, Ngawi. Ia mendapatkan perawatan di tempat khusus Orang Dengan Gangguan Jiwa atau ODJG.

Pesulap Merah menuding Gus Samsudin berpura-pura mengidap gangguan jiwa demi menghindari kasus hukum.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm