Ilustrasi sambal mbe atau sambal embe khas Bali.
Ilustrasi sambal mbe atau sambal embe khas Bali. ( SHUTTERSTOCK/ARIYANI TEDJO)

Beri Perasan Jeruk Limau, Berikut Cara Membuat Sambal Embe Khas Bali

1 Januari 2023 07:03 WIB

SonoraBangka.id - Sambal embe berasal dari Bali, embe memiliki arti bawang goreng, bisa bawang merah maupun bawang putih, dikutip dari Kompas.com. Sambal embe bahan utamanya sendiri adalah bawang merah, cara membuatnya mudah dan praktis. Sambal embe terbuat dari bawang merah, cabai rawit merah, terasi, kaldu ayam bubuk, garam, jeruk limau, dan semua bahan digoreng, kecuali jeruk limau sebagai perasan saat disajikan. Sambal embe dapat dijadikan cocolan pendamping ikan bakar atau ayam goreng. Simak cara membuat sambal embe khas Bali, dikutip dari buku "Kumpulan Resep Sambal & Masakan Indonesia Rumahan" (2020) karya Mika Hadi terbitan PT Gramedia Pustaka Utama. 

Resep sambal embe khas Bali

Bahan: 50 gram cabai rawit merah

70 gram bawang merah

Secukupnya terasi

Secukupnya garam, Knorr Chicken atau kaldu ayam bubuk

1 buah jeruk limau

Secukupnya minyak goreng 

Cara membuat sambal embe khas Bali:

1. Iris bawang merah dan cabai rawit merah, kemudian goreng satu per satu. Tiriskan.

2. Goreng terasi yang sudah dihaluskan sampai matang, setelah itu campur dengan bawang dan cabai sudah digoreng sebelumnya, tambahkan garam dan Knorr Chicken atau kaldu ayam bubuk.

3. Terakhir, beri perasan jeruk limau dan sambal siap disajikan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Membuat Sambal Embe Khas Bali, Pendamping Menu Bakaran Tahun Baru ", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2022/12/29/220400175/cara-membuat-sambal-embe-khas-bali-pendamping-menu-bakaran-tahun-baru-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm