Ilustrasi bakwan udang renyah tahan lama untuk camilan atau lauk makan.
Ilustrasi bakwan udang renyah tahan lama untuk camilan atau lauk makan. ( DOK.SHUTTERSTOCK/EftiYunita)

Pakai Bumbu Sederhana, Berikut Cara Membuat Ote- Ote Khas Porong

3 Januari 2023 20:38 WIB

SonoraBangka.id - Ote-ote khas Porong merupakan oleh-oleh yang wajib dibeli saat ke daerah Surabaya atau Sidoarjo, Jawa Timur. Ote-ote atau bakwan sendiri, adalah camilan atau lauk gurih terbuat dari tepung terigu dicampur irisan wortel, taoge, kol, jagung, daun kucai, dan ebi maupun udang. Cara membuat ote-ote khas Porong ini juga mudah dengan bumbu sederhana yaitu bawang putih, bawang merah, garam, dan merica bubuk. Simak resep ote-ote khas Porong Sidoarjo, dikutip dari buku "Lauk Pelengkap Gaya Rumahan" (2013) karya Waroeng Makan 2 Iboe terbitan PT Gramedia Pustaka Utama. 

Resep ote-ote khas Porong

Bahan (disediakan secukupnya):

Udang basah, untuk taburan Wortel, iris Kucai, iris

Taoge

Tepung terigu

Telur Air matang

Bumbu yang dihaluskan:

Bawang putih

Bawang merah

Garam Merica bubuk B

Cara membuat ote-ote porong:

1. Campur semua bahan, aduk rata. Goreng dalam sendok sayur yang sebelumnya direndam dalam minyak panas, bubuhi udang dan kucai di atasnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Ote-ote Khas Porong Sidoarjo dengan Bumbu Sederhana", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/01/03/200400575/resep-ote-ote-khas-porong-sidoarjo-dengan-bumbu-sederhana.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm