Christian Bale dalam film 'The Pale Blue Eye' yang disebut diangkat dari kisah nyata.
Christian Bale dalam film 'The Pale Blue Eye' yang disebut diangkat dari kisah nyata. ( Tanya Audriatika / HAI ONLINE)

Benarkah Film The Pale Blue Eye Diangkat dari Kisah Nyata Yang Akan Tayang di Netflix

8 Januari 2023 11:58 WIB

SonoraBangka.IDFilm The Pale Blue Eye yang dibintangi Christian Bale dan Gillian Anderson dengan latar film thriller misteri abad ke-19 dan disebut berangkat dari kisah nyata.

Disutradarai Scott Cooper, film ini mengisahkan detektif Augustus Landor (Bale) yang menyelidiki serangkaian pembunuhan di Akademi Militer Amerika Serikat di West Point, New York dengan bantuan Edgar Allan Poe (Harry Melling).

Seluruh pemainnya yang terlibat antara lain Anderson, Lucy Boynton, Charlotte Gainsbourg, Toby Jones, Harry Lawtey, Simon McBurney, Timothy Spall dan Robert Duvall.

Lalu, muncul pertanyaan, apakah The Pale Blue Eye secara historisnya sudah akurat? Jawabannya, nggak terlalu.

Film The Pale Blue Eye ini adalah cerita fiksi yang diadaptasi dari novel di 2003 dengan judul yang sama, karya Louis Bayard.

Sementara itu, ide Edgar Allan Poe melacak seorang pembunuh berantai adalah rekayasa, beberapa aspek cerita didasarkan pada kebenaran sejarah dalam kehidupan penyair.

Setelah bertugas di Angkatan Darat AS selama beberapa tahun, Poe, yang berusia 21 tahun masuk Akademi Militer AS di West Point pada Maret 1830.

Terlepas dari pengalaman militernya di masa lalu, Poe disebut sudah berjuang dengan disiplin yang keras di Akademi.

Dia kemudian diadili di pengadilan militer dan dinyatakan bersalah karena mengabaikan tugas dan ketidaktaan perintah pada 1931. 

Dikatakan juga bahwa Poe sengaja merencanakan untuk diadili di pengadilan agar dia bisa pergi.

SumberHAI Online
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm