Ilustrasi sambal tempe.
Ilustrasi sambal tempe. ( shutterstock/momi rabbit)

Berikut Resep Sambel Tempe Goreng Ala Pemenang Challenge Masterchef

8 Januari 2023 14:40 WIB

SonoraBangka.id - Nana Mirdad menjadi bintang tamu MasterChef Indonesia season 10 pada Sabtu (7/1/2023). Peserta MasterChef Indonesia ditantang mengolah tempe, makanan kesukaan Nana Mirdad sejak kecil. Nana mengatakan, dirinya menyukai semua oalahan tempe, terutama tempe goreng dan tempe orek.   Abdi, salah satu peserta MasterChef Indonesia membuat nasi tutug dengan tiga olahan tempe yang dinilai seimbang. Ia mengolah tempe menjadi nasi tutug, tempe goreng, dan sambal tempe. Perpaduan makanan bikinan Abdi pun dipuji oleh Nana. Ia mengatakan bahwa walaupun terdapat tiga hidangan tempe yang berbeda, tetap terasa seimbang. Terutama, Abdi membuat tempe goreng yang dinilai sebagai olahan tempe yang original. Terinspirasi masakan Abdi, kamu bisa membuat sambal tempe di rumah dengan resep dari buku "Resep Sajian Tahu Tempe Favorit ala Sisca Soewitomo" (2013) oleh Sisca Soewitomo terbitan Gramedia Pustaka Utama berikut ini.

Resep sambal tempe

Bahan:

150 gr tempe Minyak secukupnya untuk menggoreng

7 buah cabai rawit merah

1 buah cabai merah besar

3 siung bawang putih

3 cm kencur

Garam secukupnya

Daun kemangi secukupnya

Cara membuat sambal tempe

1. Goreng tempe hingga matang.

2. Haluskan cabai rawit, cabai merah, bawang putih, kencur, bawang putih, dan garam. Masukkan temoe, ulek kasar. Tambahkan daun kemangi, aduk rata. Sajikan. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Sambal Tempe Goreng ala Pemenang Challenge MasterChef, Disukai Nana Mirdad", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/01/07/190045875/resep-sambal-tempe-goreng-ala-pemenang-challenge-masterchef-disukai-nana.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm