Klan Matkayina merupakan klan baru yang muncul dalam film Avatar: The Way of Water. Klan ini dipimpin oleh Ronal yang diperankan Kate Winslet.
Klan Matkayina merupakan klan baru yang muncul dalam film Avatar: The Way of Water. Klan ini dipimpin oleh Ronal yang diperankan Kate Winslet. ( Vincentius Mario / KOMPAS.com)

Meraup Rp 26,4 Triliun, Avatar: The Way of Water Jadi Film Terlaris Ketujuh Sepanjang Sejarah

10 Januari 2023 08:21 WIB

SonoraBangka.IDAvatar: The Way of Water meraup 1,7 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 26,4 triliun secara global.

Film garapan James Cameron itu menyalip Jurassic World yang sebelumnya menghasilkan 1,67 miliar dollar AS atau Rp 26 triliun.

Dilansir Variety, dalam empat minggu perilisan, Avatar: The Way of Water menghasilkan 517 juta dollar AS di Amerika Utara dan 1,19 miliar dollar AS di luar Amerika Utara.

Di box office internasional, sekuel film Avatar itu kini menjadi film tertinggi kelima, setelah filn pertamanya, AvatarAvengers: EndgameTitanic, dan Avengers: Infinity War.

Berdasarkan penjualan tiketnya, Avatar: The Way of Water juga menjadi film dengan penghasilan kotor tertinggi yang dirilis pada 2022.

Film itu juga menjadi film terlaris kedua di masa pandemi setelah Spider-Man: No Way Home yang rilis pada 2021.

Pada pencapaian ini, Avatar 2 disinyalir memiliki peluang nyata untuk melampaui pendapatan 2 miliar dollar AS di seluruh dunia, sebuah capaian yang hampir mustahil di masa pandemi Covid-19.

Avatar: The Way of Water tidak diputar di China, yang merupakan pasar utama untuk film-film Marvel.

Lima film dalam sejarah yang melampaui angka 2 miliar dollar AS adalah AvatarAvengers: Endgame, TitanicStar Wars: The Force Awakens, dan Avengers: Infinity War.

Ini merupakan kabar bagi Disney yang memegang hak atas Avatar setelah mengakuisisi 20th Century Fox pada 2019.

Pihak Disney diketahui menghabiskan setidaknya 350 juta dollar AS untuk membuat Avatar: The Way of Water dan lebih dari 100 juta dollar AS untuk memasarkannya.

Cameron juga telah merencanakan beberapa sekuel film Avatar setelah Avatar: The Way of Water, yakni Avatar 3 dan 4.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Raup Rp 26,4 Triliun, Avatar: The Way of Water Jadi Film Terlaris Ketujuh Sepanjang Sejarah", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/hype/read/2023/01/09/200548166/raup-rp-264-triliun-avatar-the-way-of-water-jadi-film-terlaris-ketujuh.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm