Ilustrasi emas sebagai instrumen investasi.
Ilustrasi emas sebagai instrumen investasi. ( Dok. Shutterstock)

Amankah Jika Berinvestasi Emas Online? Kepoin Jawabannya di Sini

10 Januari 2023 10:54 WIB

SonoraBangka.id - Di jaman sekarang ini, berinvestasi emas sudah bisa dilakukan secara online .

Sudah banyak aplikasi yang menyediakan layanan investasi emas online untuk kita.

Yang jadi pertanyaan biasanya yaitu, apakah sebenarnya investasi emas online itu aman?

Dikutip dari Kompas.com, Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) Fajar Wibhiyadi mengatakan, pemerintah telah menerbitkan banyak regulasi untuk mendukung ekosistem investasi emas online.

Menurutnya, kita tak perlu khawatir saat melakukan investasi emas online jika dilakukan di perusahaan yang resmi dan berizin.

“Ke depan, masyarakat tak perlu khawatir untuk berinvestasi di aset tersebut, sepanjang investasi tersebut dilakukan di perusahaan-perusahaan yang resmi dan berizin," ujar Fajar dalam webinar, Rabu (24/03). 

Berdasarkan UU No. 10 Tahun 2011 tentang Perdagangan Berjangka Komoditi, kegiatan berjangka komoditi, termasuk emas digital, telah diatur, dikembangkan, dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti).

Bappebti diketahui juga telah memberikan persetujuan kepada Kliring Berjangka Indonesia sebagai Lembaga Depository.

Sehingga, platform penjualan emas online harus menyetorkan terlebih dahulu pasokan emas yang dimiliki supaya bisa tetap beroperasional.

Fajar mengatakan, pihaknya sebagai lembaga kliring memiliki kewajiban yaitu memastikan emas tersimpan dengan baik.

Oleh karena itu, Fajar memastikan keamanan dari platform transaksi emas online yang telah memperoleh izin dari Bappebti, terdaftar sebagai anggota Bursa, serta anggota Kliring.

Diungkapkan juga oleh Fajar bahwa jika dagang emas atau pelaku yang sudah berlicense tidak perlu dikhawatirkan.

Artikel ini telah terbit di https://nova.grid.id/read/052716023/apakah-investasi-emas-online-itu-aman-simak-jawabannya-di-sini?page=all

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm