( Indonesia.travel )

6 Wilayah Perairan Ini Dikatakan BMKG Akan Mengalami Gelombang Tinggi

13 Januari 2023 09:24 WIB

SonoraBangka.id - Prediksi gelombang tinggi ini mungkin terjadi di beberapa wilayah perairan Indonesia.

Ya, gelombang tinggi diperkirakan akan terjadi pada 12-13 Januari 2023.

Hal ini sehubung dengan peringatan yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Gelombang di sebagian wilayah perairan Indonesia ini bahkan diperkirakan mencapai 4 meter.

Lebih lanjut, pihak BMKG juga menyebut bahwa gelombang tinggi di beberapa wilayah perairan Indonesia terbentuk karena pola angin yang berbeda di setiap wilayah.

Misal, pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak ke Barat Laut - Timur Laut dengan kecepatan angin sekitar 8 knot sampai 30 knot.

Sedangkan untuk wilayah Indonesia bagian selatan, pola angin dominan bergerak dari Barat Daya - Barat Laut dengan kecepatan 6 knot hingga 15 knot.

"Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Sulawesi, perairan Kepulauan Sangihe - Kepulauan Talaud, Laut Maluku, perairan Halmahera, Samudra Pasifik utara Halmahera," sebut BMKG dalam siaran pers sebagaimana dilansir dari Kompas.com.

Berisiko untuk Keselamatan Pelayaran

BMKG juga mengatakan jika gelombang tinggi cukup berisiko untuk keselamatan pelayaran.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm