Ilustrasi Chiki ngebul
Ilustrasi Chiki ngebul ( Chatnews/Wartakota )

Rusak Organ Tubuh, Kemenkes Ungkap Bahaya Ciki Ngebul bagi Kesehatan!

13 Januari 2023 10:00 WIB

SonoraBangka.id - Baru-baru ini, viral serangkaian kasus anak-anak yang keracunan makanan setelah mengonsumsi ciki ngebul.

Pada Desember 2022, dilaporkan seorang anak berusia 4,5 di Jakarta mengalami nyeri di perut usai makan ciki ngebul.

Ciki ngebul sendiri merupakan makanan viral yang berisikan makanan ringan atau snack, kemudian disajikan dengan nitrogen cair.

Nitrogen cair dalam ciki ngebul memberikan efek asap yang keluar dari mulut atau ramai disebut sebagai 'mulut naga'.

Terkait kasus keracunan ciki ngebul ini, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meminta masyarakat Indonesia untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya ice smoke dalam ciki ngebul.

Konsumsi nitrogen cair yang berlebihan diketahui dapat berbahaya bagi tubuh seseorang, terutama anak-anak di bawah umur.

Dalam konferensi pers 'Kewaspadaan Nitrogen Cair pada Pangan Siap Saji' yang diadakan Kemenkes RI pada Kamis (12/1/2023), Direktur Penyehatan Lingkungan Dirjen Kementerian Kesehatan RI, dr. Anas Ma'ruf, M.KM menjelaskan dampak ciki ngebul dari Nitrogen Cair bagi kesehatan.

Bahaya Ciki Ngebul dari Nitrogen Cair bagi Kesehatan

1. Menurut keterangan dr, Anas Ma'ruf, M.KM, nitrogen cair dapat menyebabkan radang dingin dan luka bakar.

Dua hal tersebut dapat menyerang beberapa jaringan lunak di tubuh, salah satunya adalah kulit.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm