Ikon Amenitas Pantai Pasir Padi Pangkalpinang. (Bangkapos.com/Cepi Marlianto)
Ikon Amenitas Pantai Pasir Padi Pangkalpinang. (Bangkapos.com/Cepi Marlianto) ( )

Pemkot Pangkalpinang Ingin Jadikan Pantai Pasirpadi Seperti Pantai Seminyak Bali

13 Januari 2023 21:45 WIB

SONORABANGKA.ID - Impian Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang untuk menjadikan Kawasan Wisata Pantai Pasipadi layaknya Pantai Seminyak, Bali perlahan mulai terwujud. Di mana kawasan itu sudah disulap sebagai tujuan wisata favorit di Ibu kota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Kepala Dinas Pariwisata PangkalpinangM Yasin menyampaikan, sejauh ini pihaknya memang tengah berupaya menyusun supaya kawasan wisata pantai satu-satunya di Kota Pangkalpinang dapat lebih baik ke depan. Supaya wisatawan yang datang ke pantai tersebut makin meningkat.

“ Pantai Pasirpadi merupakan tujuan utama wisata kita di Kota Pangkalpinang. Jadi kita mencoba menyusun untuk lebih baik ke depan,” ucap dia kepada Bangkapos.com, Jumat (13/1/2023).

Pada awal Tahun 2023 ini katanya sudah ada wajah baru di Destinasi Wisata Pantai Pasirpadi. Dimana memang sejak tahun 2022 lalu pihaknya telah melakukan penataan kawasan pantai Pasir Padi dengan membuat amenitas.

Dengan anggaran sebesar Rp6,690 miliar yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK)

Amenitas merupakan fasilitas pendukung yang bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan wisatawan selama berada di destinasi. Amenitas berkaitan dengan ketersediaan sarana akomodasi untuk menginap serta restoran atau warung untuk makan dan minum.

“Pembangunan amenitas ini di atas lahan seluas 5,8 hektare aset milik Pemerintah Kota Pangkalpinang di Pantai Pasirpadi,” kata  Yasin.

Di samping itu lanjut dia, dengan anggaran tersebut pihaknya sendiri usai membangun beberapa fasilitas pendukung. Mulai dari penyediaan lahan parkir kendaraan, tempat ibadah yakni Musala.

Tak hanya itu, juga pembangunan plaza kuliner yang representatif bergabung dengan plaza kuliner yang telah dibangun beberapa tahun lalu, menara pandang hingga trotoar untuk pejalan kaki.

Penambahan fasilitas itu agar Pasir Padi lebih rapi dan dapat memiliki daya saing lebih luas dan berkualitas.

“Plaza kuliner ini menampung ada 10 unit kios yang ada, kemudian kios cenderamata 10 unit, menara pandang dan terakhir jalur pejalan kaki,” ucapnya.

Yasin mengatakan pihaknya menyadari penataan Pasir Padi baru sebagai kecil dari lokasi yang akan dibenahi. Maka dari itu pihaknya mengharapkan kesinambungan antara perangkat daerah, serta dukungan stakeholder terkait.

Hal ini untuk berkoordinasi pembangunan Pantai Pantai Pasir Padi lebih baik. Dengan menggunakan DAK maupun Dana Insentif Daerah (DID).

“Kami juga bekerja sama dengan bank Sumsel Babel untuk pembayaran digital di amenitas Pantai Pasir Padi semoga ke depan lebih baik lagi,” ucapnya.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Ternyata Pemkot Pangkalpinang Ingin Jadikan Pantai Pasirpadi Layaknya Pantai Seminyak Bali, https://bangka.tribunnews.com/2023/01/13/ternyata-pemkot-pangkalpinang-ingin-jadikan-pantai-pasirpadi-layaknya-pantai-seminyak-bali.

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm