Viral di TikTok amputasi jempol karena potong kutikula.
Viral di TikTok amputasi jempol karena potong kutikula. ( Dok. TikTok @lanalovessushi)

Amputasi Jari Viral di TikTok, Apa Bahaya Potong Kutikula Sembarangan?

14 Januari 2023 18:00 WIB

SonoraBangka.id - Baru saja viral di TikTok, sebuah unggahan video yang mana seorang perempuan menunjukkan jari jempolnya yang harus diamputasi. 

Akun TikTok @lanalovessushi memaparkan pada video tersebut bahwa ia mengabaikan saran dari ahli kuku untuk tidak memotong kutikula.

Dalam video yang sebelumnya pernah diunggahnya, saat melakukan manikur gel di rumah sendiri, ia pun memotong kutikulanya yang justru menyebabkan jempolnya merah dan membengkak parah di sekitar kuku.

Kondisi jarinya yang tidak kunjung membaik itupun membuatnya harus pergi ke rumah sakit untuk diperiksa lebih lanjut. 

Dan nahas, dalam video yang viral di TikTok tersebut ia menunjukkan jari jempolnya yang harus diamputasi. 

Video yang sudah disukai sebanyak 1,5 juta kali tersebut pun dipenuhi oleh komentar yang beragam.

Akun @fenparson mengomentari bahwa hal buruk ini terjadi akibat penggunaan alat manikur gel yang tidak bersih dan pemotongan jaringan hidup (living tissue) pada kutikula kita.

Sementara akun @vintageskye1692 yang mengaku sebagai teknisi kuku berlisensi mengatakan bahwa banyak orang kerap salah mengira jaringan hidup sebagai kutikula. 

Selain itu, mengomentari video yang populer di TikTok, akun @nailedbymochi berujar bahwa eponychium yang berperan penting untuk mencegah bakteri sering disalahartikan sebagai kutikula

Belajar dari kasus yang viral di TikTok tersebut, perlu kita pahami bahwa sebenarnya kutikula tidak perlu dipotong. 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm