Naik motor di Karimunjawa.(KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA)
Naik motor di Karimunjawa.(KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA) ( KOMPAS.COM)

Jaga Jarak Aman Bukan Depan Saja, Namun Juga Belakang dan Samping

14 Januari 2023 20:11 WIB

SONORABANGKA.ID - Melakukan Mengendarai motor perlu menjaga jarak dengan aman, terutama ke kendaraan yang ada di depannya. Sehingga, pengendara memiliki ruang untuk antisipasi, bisa terhindar dari kecelakaan.

Selain menjaga jarak ke arah depan, pengendara motor juga harus paham pentingnya jaga jarak dengan kendaraan yang ada di samping dan juga belakang. Namun secara porsi, jaga jarak aman ke depan lebih besar.

M. Arief, Trainer Yamaha Riding Academy mengatakan, menjaga jarak aman ke depan dan samping itu hal yang bisa dikendalikan, berbeda dengan dari kendaraan yang ada di belakang.

"Takutnya (kalau tidak jaga jarak), terlalu dekat, kita mau belok ngeri juga. Kalau terlalu dekat, kita mau ngerem takut dia sodok kita (dari belakang)," ucap Arief kepada Kompas.com, belum lama ini.

Menjaga jarak dari kendaraan di samping dan belakang bisa berdasarkan feeling atau perasaan. Bila dirasa terlalu mepet saat menengok ke samping, maka sesuaikan lagi jaraknya biar aman.

"Sebelum menengok atau melirik,pastikan dulu kondisi (jarak) depan kita cukup aman. Jaga jarak di depan cukup, jangan sampai mepet, bahaya," ucap Arief.

Jika menjaga jarak aman dari kendaraan di belakang, bisa menengok spion. Namun kesulitannya, pengendara tidak bisa mengontrol agar kendaraan di belakangnya tidak terlalu mepet.

"Maka pengendara bisa berpindah jalur, kasih jalan saja, biarkan duluan (kalau terlalu mepet)," kata Arief.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jaga Jarak Aman Bukan Depan Saja, Tapi Juga Belakang dan Samping", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/01/14/094200215/jaga-jarak-aman-bukan-depan-saja-tapi-juga-belakang-dan-samping.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm