Ilustrasi merdeka secara finansial
Ilustrasi merdeka secara finansial ( Dok. Shutterstock/one photo)

Khusus Lajang, Intip 4 Cara Jitu Mengelola Keuangan Agar Tidak Boros

15 Januari 2023 16:56 WIB

SonoraBangka.id - Status belum menikah yang masih tersemat memungkinkan individu untuk memfokuskan penghasilan bulanannya hanya untuk dirinya.

Ya, lajang, berkarier cemerlang, dan berpenghasilan rutin bisa membuat seseorang merasa hebat dan mandiri terutama dalam hal finansial.

Tidak ada tanggungan anak atau keharusan berbagi beban keuangan rumah tangga dengan pasangan sehingga merasa lebih “merdeka” secara finansial.

Kalaupun harus memberikan sedikit uang untuk keluarga, si lajang biasanya menyisihkan sebagian uangnya untuk orang tuanya jika masih hidup.

Namun, selebihnya, manisnya gaji bulanan tersebut berhak dia nikmati sendiri untuk berbagai hal yang disukai.

Mulai dari liburan ke tempat eksotis, belanja barang mewah, atau bahkan membeli kendaraan baru, semuanya mungkin dilakukan dengan bebas oleh orang lajang.

Kebebasan secara finansial ini yang jika tidak dikendalikan dapat bablas dan berujung pada sifat boros.

Yang tadinya berlimpah uang lalu menjadi terseok-seok akibat boros mengeluarkan uang tanpa pertimbangan matang.

Apabila Kawan Puan masih lajang, coba simak tips mengatur keuangan berikut, seperti dilansir dari situs pakar keuangan Amerika terkemuka Daveramsey.com.

Buat Anggaran Bulanan

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm