Manfaat Mendengarkan ASMR untuk Kesehatan Mental
Manfaat Mendengarkan ASMR untuk Kesehatan Mental ( freepik)

Bukan Jadi Hiburan Saja, Ternyata Mendengar ASMR Bantu Atasi Kecemasan

16 Januari 2023 10:55 WIB

SonoraBangka.id - Memang, jika kita menyaksikan dan mendengar video ASMR itu memang menarik karena dianggap sebagai hiburan.

Perlu kamu ketahui kalau ASMR yang biasanya dilakukan saat makan itu ternyata dapat bermanfaat bagi kesehatan mental, lho.

Dilansir dari Healthline, autonomous sensory meridian respons (ASMR) atau respons meridian sensorik otonom merupakan fenomena yang menghasilkan perasaan menggelitik di seluruh tubuh.

ASMR biasanya datang dari bisikan, ketukan kuku, hingga menonton sapuan kuas.

Ternyata ASMR itu memberi perasaan menggelitik mirip dengan saat orang mendengarkan musik atau menyaksikan pemandangan yang indah.

Tak hanya itu saja, ASMR juga berpotensi membantu mengatasi kecemasan lho, Kawan Puan.

Manfaat ASMR bagi kesehatan mental pun dibuktikan dalam studi Autonomous Sensory Meridian Response (ASMR): a flow-like mental state.

Penelitian tersebut menemukan bahwa  ASMR membantu meredakan gejala suasana hati yang negatif, seperti:

- Depresi

- Stres 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm