lustrasi sayap ayam goreng pedas.
lustrasi sayap ayam goreng pedas. ( SHUTTERSTOCK/Brent Hofacker)

Perhatikan Bahan Pelapis, Berikut 5 Tips membuat Sayam Goreng Renyah

17 Januari 2023 21:59 WIB

SonoraBangka.id - Sayap ayam mudah diolah menjadi menu masakan apa saja. Salah satunya, sayap ayam goreng renyah. Kalau kamu sedang ingin membuat sayap ayam goreng renyah dengan cocolan favorit. Simak tipsnya yang dilansir dari berbagai sumber berikut ini. 

1. Cara pilih sayap ayam

Dilansir dari majalah SAJI 342 DEC 2015 terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, pilih sayap ayam negeri karena teksturnya lebih juicy dan empuk.

2. Gunakan bumbu untuk marinasi sayap ayam

Kamu bisa menggunakan bumbu seperti bumbu kari atau saus oriental sebagai bumbu marinasi ayam. Cara ini agar ayam memiliki cita rasa enak sebelum dibalut dengan tepung. Selain itu, kamu juga bisa membuat bumbu sederhana di rumah. Gunakan campuran kecap inggris, madu, bawang putih, dan cabai bubuk sebagai bumbu perendam sayap ayam.

3. Perhatikan bahan pelapis sayap ayam goreng

Dilansir dari buku "Resep Makanan Rumahan Paling Digemari - Lezatnya Ayam Goreng" karya Indriani terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, kamu bisa melapisi sayap ayam dengan campuran tepung terigu, tepung beras, telur bebek kocok, dan garam. Namun, sebelumnya kukus dulu ayam hingga matang. Setelah itu, lumuri dengan campuran tepung tersebut. Lihat Foto ilustrasi sayap ayam panggang ala korea dengan salad. 

4. Goreng dalam minyak banyak yang panas

Kamu perlu menyiapkan minyak goreng dalam jumlah banyak yang sudah dipanasi. Cara ini untuk membuat chicken wing yang renyah dan tidak berminyak.

5. Pastikan durasi memasaknya pas

Dilansir dari laman All Recipes, waktu menggoreng sayap ayam sebaiknya sekitar sembilan hingga 12 menit. Hal ini agar sayap ayam tidak terlalu kering atau alot. Setelah matang, angkat dan tiriskan dulu sayap ayam sebelum dinikmati.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Cara Membuat Sayap Ayam Goreng Renyah, Perhatikan Bahan Pelapis", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/01/12/130300375/5-cara-membuat-sayap-ayam-goreng-renyah-perhatikan-bahan-pelapis.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm