Petugas PLN yang mengamankan Perayaan Natal Oikoumene Babel dan Tahun Baru 2023 di GOR Sahabudin
Petugas PLN yang mengamankan Perayaan Natal Oikoumene Babel dan Tahun Baru 2023 di GOR Sahabudin ( Humas PLN Babel)

Perayaan Natal Oikoumene Babel di GOR Sahabudin Berjalan dengan Ketersedian Listrik yang Aman, Andal,dan Tanpa Gangguan

23 Januari 2023 16:20 WIB

SONORABANGKA.ID - PLN Babel sukses menjaga keandalan pasokan listrik pada perayaan Natal Oikoumene dan Tahun Baru 2023 di Gedung Olah Raga (GOR) Sahabuddin 20 Januari 2023 guna memastikan umat kristiani se-provinsi Bangka Belitung bisa beribadah dengan suka cita.

Senior Manager Teknik PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Bangka Belitung (Babel) Moses Allo menyampaikan untuk mendukung penyelenggaraan ibadah Natal Oikoumene dan Tahun Baru2023 PLN menyiapkan kesiapan khusus dan juga petugas.

"Beberapa daerah 1 kota dan 6 kabupaten di Provinsi Bangka Belitung memusatkan penyelenggaraan ibadah Natal dan Tahun Baru di Provinsi Bangka Belitung dipusatkan di kota Pangkalpinang. PLN menyiapkan kesiapan khusus dengan daya 82.500 VA, UPS 100 kVA, trafo bergerak 400 kVA, Genset bergerak 114 kVA, dan 2 unit kendaraan taktis dengan dilengkapi petugas pelayanan teknik", terang Moses.


Sementara Manager Unit Layanan Pelanggan (ULP) PLN Pangkalpinang Bayu Arie Wibowo menerangkan pihaknya sudah menyiapkan serangkaian pola operasi kelistrikan berlapis jika sewaktu ada gangguan listrik.

"Sistem kelistrikan saat ini menggunakan pola operasi berlapis, sehingga setiap titik yang riskan sudah dipersiapkan petugas untuk menjaga dan segera melaksanakan penormalan jika sewaktu-waktu terjadi gangguan listrik dengan cepat bisa dinormalkan kembali", jelas Bayu.

General Manager PLN UIW Babel Ajrun Karim mengatakan PLN menyiagakan seluruh sistem ketenagalistrikan di pulau Bangka. Mulai dari sisi pasokan energi primer untuk seluruh pembangkit hingga siaga di sisi jaringan transmisi dan distribusi.


"Kami siapkan sebaik-baiknya hingga suasana ibadah bisa berlangsung dengan lancar dan penuh sukacita karena suplai listrik berlangsung aman dan tanpa kedip," ujar Ajrun.

“Terkait dengan kecukupan listrik untuk periode Nataru, daya mampu pasok sebesar 224 Mega Watt (MW) dengan proyeksi beban puncak pada malam perayaan Oikoumene sebesar 187 MW. Artinya dari sisi pasokan listrik PLN sangat mencukupi untuk mengcover seluruh kegiatan masyarakat dengan cadangan operasi sebesar 37 MW. Dengan cadangan yang cukup ini kami bisa melayani masyarakat dengan baik,” terangnya.

Ajrun menambahkan stockpile batu bara, ketersediaan pasokan BBM untuk pembangkit berada di posisi aman secara nasional. PLN Babel juga di support sistem interkoneksi Sumatera-Bangka di mana ada pengaturan beban yang balance sehingga mampu memberikan pasokan listrik yang andal.


Sementara itu, Ketua Pelaksana Ibadah Natal Oikoumene, Harli Siregar berharap acara seperti ini menjadi agenda tahunan dan mendapatkan pengamanan pasokan listrik yang aman seperti malam ini.

“Langkah ini sebagai bentuk pembinaan antar umat beragama yang ada di Babel ini kiranya selalu di support. Berkat pengamanan listrik yang andal dan aman ini Babel bisa menjembatani ini untuk menjadi agenda rutin. Acara ini akan terus diperjuangkan, karena ini sangat baik untuk melakukan pembinaan terhadap kelompok agama,” harapnya Harli.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm