Sistem transmisi matik milik Chevrolet Trax.(Kompas.com/Alsadad Rudi)
Sistem transmisi matik milik Chevrolet Trax.(Kompas.com/Alsadad Rudi) ( KOMPAS.COM)

Kesalahan yang Sering Dilakukan oleh Pengguna Mobil Transmisi Matik

23 Januari 2023 21:04 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Mobil matik identik dengan kenyamanan serta kemudahan saat berkendara. Hal ini dikarenakan transmisi matik memiliki karakter yang lebih lembut saat perpindahan gigi kalau dibandingkan dengan mobil manual.

Dalam pengoperasiannya mobil matik juga lebih sederhana dan gampang dipahami. Walau demikian, ada saja kesalahan yang dilakukan oleh pengemudi mobil matik. Apa saja kesalahan yang sering dilakukan pengguna mobil transmisi matik?

Head of Nissan Academy PT Nissan Motor Indonesia (NMI) Jamaludin mengatakan banyak pengemudi mobil matik masih menggunakan dua kaki untuk mengoperasikan pedal rem dan gas.

“Hal itu akan merugikan pengendara, karena dengan menginjak kedua pedal secara bersamaan bisa karena tidak sengaja atau disengaja, itu akan merugikan bagi komponen di dalam transmisi,” ucap Jamal kepada Kompas.com, Sabtu (21/1/2023).

Dia mengatakan saat akselerasi atau deselerasi seharusnya dilakukan secara bergantian, sehingga menggunakan satu kaki untuk mengoperasikan pedal jadi lebih efisien.

“Misal kan pedal rem dan gas diinjak bersamaan karena tidak sengaja, kopling dalam transmisi matik akan cepat aus, kampas rem juga cepat habis, selain itu performa mesin juga menurun, bahkan bisa menyebabkan konsumsi BBM menjadi lebih boros,” ucap Jamal.

Sementara itu, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi mengatakan kesalahan pengguna mobil matik adalah abai dengan perawatannya.

“Padahal, transmisi matik membutuhkan perawatan yang teratur guna mengontrol kualitas serta volume oli matik, jika sampai olinya jelek atau kurang itu akan membuat komponen di dalam transmisi mudah mengalami aus karena terjadi selip yang berlebih,” ucap Bambang kepada Kompas.com, Minggu (22/1/2023).

Sedangkan menurut Iwan Pratikno bekas mekanik Honda, dia mengatakan transmisi matik tidak sebenarnya tidak hanya transmisi otomatis konvensional saja, melainkan ada jenis transmisi matik lainnya seperti CVT.

Kesalahan yang sering dilakukan pengguna mobil matik, tidak mengetahui apa jenis transmisi matik untuk mobilnya, apakah AT atau CVT, padahal keduanya berbeda, oli yang digunakan juga berbeda,” ucap Iwan kepada Kompas.com, Minggu (22/1/2023).

Dia mengatakan transmisi yang menggunakan oli yang tidak sesuai akan cenderung mengalami kerusakan lebih cepat karena tidak mendapatkan pelumasan yang optimal.

“Sebelum membeli oli matik, pastikan dulu apa jenis transmisi matik yang ada pada mobil, apakah AT atau CVT atau jenis lainnya, dan beli lah oli yang sesuai guna menjaga performa transmisi dan menjaga keawetannya,” ucap Iwan.

Jadi, ada beberapa kesalahan pengguna mobil matik yang sering dilakukan mulai dari pengoperasiannya, perawatan serta dalam memilih jenis oli matik. Dengan demikian, kita selaku pengguna mobil matik perlu senantiasa waspada dan teliti untuk menjaga performa transmisi matik pada mobil.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kesalahan yang Sering Dilakukan Pengguna Mobil Transmisi Matik", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/01/23/111200915/kesalahan-yang-sering-dilakukan-pengguna-mobil-transmisi-matik.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm