ilustrasi kulit ayam krispi.
ilustrasi kulit ayam krispi. ( shutterstock/KOHUKU)

Agar Tektsturnya Tetap Renyah, Berikut Cara Simpan Kulit Ayam Goreng

23 Januari 2023 21:44 WIB

SonoraBangka.id - Tekstur kulit ayam krispi yang renyah membuat makanan ini disukai oleh banyak orang. Namun, tekstur kulit ayam krispi biasanya tidak bertahan lama. Kerenyahan gorengan ini bisa cepat hilang bila salah disimpan. Menurut David Adi Hutama Sutanto, pemilik Nasi Kulit Mak Judes, ada tiga cara menyimpan kulit ayam goreng agar tetap krispi berikut ini.

1. Goreng hingga kering

Kerenyahan kulit ayam krispi tidak hanya dipengaruhi oleh tempat menyimpannya, tetapi juga cara menggorengnya. Menurut David, sebelum digoreng, lemak kulit ayam harus dibuang hingga bersih agar renyahnya tahan lama. "Menggorengnya juga sampai kering, jadi lebih awet disimpan," tutur David saat ditemui Kompas.com, Kamis (19/1/2023). 

2. Tiriskan kulit ayam setelah digoreng 

Hindari langsung menyimpan kulit ayam krispi setelah digoreng. Sebaiknya, saring dan biarkan tiris terlebih dulu sebelum disimpan. "Terkadang yang bikin enggak awet itu karena kulit ayamnya masih berminyak saat disimpan," ujar David. Sebab, kulit ayam krispi yang penuh minyak dan disimpan dalam jumlah banyak di satu wadah akan membuat gorengan ini menjadi bau dan tidak nikmat lagi saat dimakan.

3. Simpan kulit ayam goreng di wadah kedap udara

Terakhir, masukkan kulit ayam krispi ke dalam wadah kedap udara, seperti stoples, lalu simpan di suhu ruang. Menurut David, wadah kedap udara akan membantu kulit ayam krispi tahan lama dan tetap renyah.  David tidak menjelaskan waktu maksimal penyimpanan kulit ayam krispi ini. Namun, ia menyarankan untuk tidak memakannya bila sudah apek, meski masih garing. "Karena biasanya kami tetap simpan per hari, tidak pernah terlalu lama disimpan, tetapi tetap renyah," kata David.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Simpan Kulit Ayam Goreng agar Tetap Renyah, Saran dari Penjual", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/01/23/081200375/3-cara-simpan-kulit-ayam-goreng-agar-tetap-renyah-saran-dari-penjual?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm