Twist Crunchy The Uncle Dee Ice
Twist Crunchy The Uncle Dee Ice ( KOMPAS.com/Miftahul Rizky)

Pastikan Tidak Basi, Berikut 2 Ciri Es Krim Enak Dan Berkualitas

24 Januari 2023 21:55 WIB

SonoraBangka.id -  Kedai es krim saat ini sudah menjamur di Indonesia. Harganya bervariatif dari murah hingga mahal. Sebelum membeli es krim, kamu harus memerhatikan beberapa hal untuk memastikan minuman beku ini rasanya nikmat dan tidak basi. Sebab, soft ice cream atau es krim lembut umumnya terbuat dari susu sehingga rentan basi bila tidak diolah dengan benar. Hilmi Fabriansyah, business developmment manager The Uncle Dee Ice Cream mengatakan, kebersihan, kualitas produk, dan pelayanan kedai es krim bisa menjadi patokan yang bisa diperhatikan saat ingin membeli es krim. Lebih lengkap, Hilmi membagikan dua ciri soft es krim yang nikmat, berkualitas baik, dan tidak basi berikut ini. 

1. Aroma es krim normal dan tidak menyengat

Variasi soft es krim saat ini semakin bertambah. Setidaknya, ada tiga rasa yang biasa ditemukan, yakni vanila, cokelat, dan stroberi. Setiap varian rasa es krim biasanya memiliki aroma tersendiri. Vanila dengan aroma susu yang khas, begitu juga dengan cokelat dan stroberi yang mewakili aroma bahan tambahannya masing-masing. Jika menemukan aroma soft es krim menyengat dan cukup mengganggu, sebaiknya tanya lebih dulu pada toko di mana kamu membelinya. Sebab, soft es krim biasanya hanya terbuat dari campuran susu dan tambahan rasa umum, tidak ada bahan mencolok yang akan mengganggu aromanya. "Kalau es krim yang tidak bagus, dari baunya juga sudah tercium tanpa harus dicoba. Bau asam gitu," kata Hilmi saat ditemui Kompas.com, Senin (23/1/2023).

2. Cita rasanya tidak asam 

Menurut Hilmi, warna dan tekstur soft es krim tidak terlalu memengaruhi kualitas olahan susu ini. Sulit untuk melihat kualitasnya dari dua faktor ini. Itu sebabnya, selain aroma, kamu bisa mencicipi sedikit saja es krim sebelum menghabiskannya untuk memastikannya tidak basi. Kecuali es krim dibuat dengan tambahan buah atau bahan bercita rasa asam, menurut Hilmi, rasa soft es krim seharunya tidak asam karena menandakan basi.  Cukup jadikan cara ini sebagai penguat untuk menentukan kualitas es krim. Jika sudah merasakan bau soft es krim yang asam, sebaiknya jangan memaksa untuk memakannya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "2 Ciri Es Krim Enak dan Berkualitas, Hindari Beli yang Hampir Basi", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/01/24/170700275/2-ciri-es-krim-enak-dan-berkualitas-hindari-beli-yang-hampir-basi?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm