Ilustrasi menyiapkan sahur, menu makan sahur, menu makanan sahur dan berbuka puasa.
Ilustrasi menyiapkan sahur, menu makan sahur, menu makanan sahur dan berbuka puasa. ( SHUTTERSTOCK/DOTSHOCK)

Begini Cara Mengganti Utang Puasa Ramadan yang Tak Terhitung Jumlahnya

28 Januari 2023 14:10 WIB

SonoraBangka.id - Tak terasa, sebentar lagi umat Muslim akan memasuki Bulan Suci Ramadan.

Pada bulan suci ini, umat Muslim diperintahkan untuk berpuasa selama sebulan penuh.

Orang-orang pun bersuka cita menyambut Bulan Ramadan. Tetapi sebelum itu, sudahkah Anda mengganti utang puasa sebelumnya?

Terlebih jika kita masih mempunyai utang puasa di masa lalu yang sudah tak kita ingat jumlahnya.

Bagaimana hukumnya? Seperti apa cara mengganti utang puasa yang tak terhitung jumlahnya?

Ustaz Adi Hidayat dalam YouTube 20Detik yang diunggah kembali di YouTube Muslimah Hijrah ID, menjawab pertanyaan soal cara mengganti puasa yang bolong selama bertahun-tahun.

Dalam video tersebut, Ustaz Adi Hidayat mendapat pertanyaan dari seorang netizen yang menanyakan hukum mengqadha puasa yang tidak dikerjakan bertahun-tahun.

"Ustaz jika tahun yang lalu-lalu belum bayar puasa yang bolong dan sudah tidak ingat berapa kali bolongnya, itu bagaimana (hukumnya)," kata Ustaz Adi Hidayat membacakan pertanyaan dari seorang netizen.

Kemudian, Ustaz Adi Hidayat menjawabnya. Ustaz Adi Hidayat mengawali jawaban dengan pertanyaan balik, yakni mengapa bisa sampai bolong puasanya dan tak diqadha.

"Pertanyaannya, kenapa saat orang lain berpuasa Anda bisa bolong? Saat orang lain mengerjakan ketaatan kepada Allah, Anda meninggalkan? Apa masalahnya?"

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm