Ilustrasi
Ilustrasi ( Thinkstockphotos.com )

Hati-Hati, Apa Saja Tanda Kekerasan Emosional dalam Hubungan Asmara?

29 Januari 2023 19:25 WIB

SonoraBangka.id - Saat ini dalam menjalin hubungan, kekerasan emosional dapat merusak kualitas hubungan sekaligus mengganggu kesehatan mentalmu.

Sayangnya, banyak orang tidak menyadari bahwa mereka berada dalam hubungan yang kasar secara emosional.

"Kekerasan emosional dapat melemahkan kesehatan mental, kepercayaan diri, dan kemampuan untuk menjaga diri sendiri," ujar Dr. Bhavna Barmi, psikolog klinis yang berbasis di New Delhi, India, mengutip Healthshots.

Lebih lanjut. Dr. Bhavna mengingatkan pentingnya menyadari tanda-tanda kekerasan emosional dalam hubungan asmara sebagai berikut. Yuk, simak!

1. Gaslighting

Gaslighting adalah perilaku manipulatif dari pasangan yang membuatmu mempertanyakan kewarasan dan pemahamanmu sendiri.

Misalnya, pasangan mengatakan seperti, "Jangan diambil hati, kok sensitif banget sih," atau "Mungkin itu salahmu, harusnya kamu introspeksi diri."

2. Defensif

Defensif adalah sikap menyangkal kesalahan, padahal sudah jelas pasanganmu telah berbuat salah atau menyakiti perasaanmu. 

"Sikap defensif membuat pasanganmu merasa paling benar dan mengabaikan perasaanmu. Akibatnya, bisa jadi dia menuduhmu terlalu emosional," tutur Dr. Bhavna.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm