Murok Jerami Suku Mengkanau Sukses Panen Padi Berkat Binaan TJSL PLN Babel Dalam Pemanfaatan Faba
Murok Jerami Suku Mengkanau Sukses Panen Padi Berkat Binaan TJSL PLN Babel Dalam Pemanfaatan Faba ( Humas PLN Babel)

Murok Jerami Suku Mengkanau Sukses Panen Padi Berkat Binaan TJSL PLN Babel Dalam Pemanfaatan Faba

30 Januari 2023 18:26 WIB

SONORABANGKA.ID - PT PLN Unit Induk Wilayah Bangka Belitung (PLN Babel) bersama Direktur Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan (Dirjen PDP) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Republik Indonesia, Pemerintahan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Pemerintahan Kabupaten Bangka Tengah serta masyarakat Desa Namang, memanen padi di kawasan sawah Desa Namang yang ditanam sejak Desember 2017 atas binaan PLN, Senin (30/1/2023).

Zaiwan selaku Kepala Desa Namang mengatakan Hamparan petak sawah seluas sekitar 60 hektare di Desa Namang, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tidak hanya merupakan sumber pangan bagi warga setempat tetapi juga dapat menjadi potensi pariwisata di Bangka Tengah.

Dikatakannya, bantuan yang diberikan PLN Babel bukan hanya pada program tanam padi, namun juga pengembangan kawasan Desa Wisata Namang secara keseluruhan.

"Alhamdulilah masyarakat antusias, sampai saat sawah disini merupakan sumber pangan bagi warga setempat tetapi juga dapat menjadi potensi pariwisata di Bangka Tengah dan ini atas bantuan PLN Babel," ujarnya.

Ia mengatakan, keberadaan sawah tersebut tidak hanya menguntungkan petani yang bisa memproduksi padi lokal untuk ketahanan pangan rumah tangga tetapi juga menjadi bagian dari daya tarik wisatawan.

"Sekarang ini produksi padi sawah tersebut setidaknya mampu memenuhi kebutuhan pangam keluarga, bahkan belakangan ini sebagian petani sudah menjual hasil panen mereka karena produksi padi sudah mulai banyak," tambahnya.

Sugito, S.Sos.,M.H selaku Direktur Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan (Dirjen PDP) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Republik Indonesia menyatakan bahwa saat mempunyai tugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pembinaan pengelolaan pelayanan sosial dasar, pengembangan usaha ekonomi desa, pendayagunaan sumber daya alam dan teknologi tepat guna, pembangunan sarana prasarana desa, dan pemberdayaan masyarakat desa sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Untuk menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan serta pendayagunaan dam pemberdayaan masyarakat Desa Namang menjadi contoh kemandirian desa yang bisa dicontoh, bahkan Babel sejak tahun 2020 menjadi Provinsi yang sudah memiliki desa mandiri dan rendah tingkat kemiskinan per kapita nya di Indonesia”, ucap bangga Sugito.

General Manager PLN Babel, Ajrun Karim, mengatakan Desa Namang merupakan salah satu desa binaan PLN Babel yang dibina melalui program PLN Peduli dalam bidang lingkungan dan pemberdayaan masyarakat.

"Pembinaan kami lakukan yaitu dalam bentuk pemberdayaan masyarakat dan penguatan sarana prasarana, salah satunya pemberian bantuan bibit padi dan juga pemanfaatan Faba," katanya.

Dia mengatakan, PLN Babel akan terus mendukung masyarakat yang terus konsisten dalam program penanaman padi tersebut agar mereka semakin berdaya dan mandiri.

"Semangat masyarakat Desa Namang untuk terus konsisten menanam padi membuat kami tergerak mendukung program penanaman padi ini. Kami harap mereka bisa terus berdaya dan mandiri," katanya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm