Katsu Don di Ryukudo Jakarta.
Katsu Don di Ryukudo Jakarta. ( KOMPAS.com/Miftahul Rizky)

Berikut 2 Cara Simpan Donburi Agar Kualitasnya Tetap Terjaga

31 Januari 2023 14:30 WIB

SonoraBangka.id - Makanan khas Jepang terkenal dengan bumbu dan teknik masak yang praktis dibandingkan dengan sajian Indonesia. Salah satunya adalah donburi, nasi dan protein berupa ikan, daging, maupun telur yang disajikan dalam mangkuk. Cara membuat donburi cukup praktis. Meski demikian, membuat sajian ini bisa saja membutuhkan banyak waktu, khususnya bagi orang sibuk. Jika tidak sempat membuat donburi di rumah, kamu bisa membelinya dan menyimpan selama satu hari. Cukup untuk makan malam atau santapan besok pagi. Ryo Rivaldo, pemilik Ryukudo, sebenarnya menyarankan untuk tidak menyimpan donburi, apalagi dalam waktu lama. Namun, menurutnya, ada dua cara menyimpan donburi yang bisa diikuti untuk mempertahankan kualitasnya seharian berikut ini. 

1. Simpan di ruang dingin

Hindari ruang panas atau lembap saat menyimpan donburi. Sebab, kualitas makanan akan lebih cepat menurun. Sebaliknya, kamu bisa menyimpan donburi di ruang dingin atau kulkas untuk menjaganya tetap aman dimakan.

2. Hangatkan di microwave 

Meski tidak harus disantap dalam keadaan panas, donburi terasa lebih nikmat bila disajikan selagi hangat, baik nasi maupun lauknya. Ryo mengatakan, donburi yang ingin disantap setelah disimpan, bisa dihangatkan terlebih dulu di microwave. "Cukup microwave selama 60 detik, jangan lebih dari itu," kata Ryo saat ditemui Kompas.com, Jumat (27/1/2023).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "2 Cara Simpan Donburi untuk Santap Malam atau Sarapan Besok", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/01/31/101341175/2-cara-simpan-donburi-untuk-santap-malam-atau-sarapan-besok?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm