Ikan salmon filet.
Ikan salmon filet. ( Dok. Shutterstock/hlphoto)

Bekal Untuk Membuat Masakan Jepang, Berikut 3 Cara Iris Salmon

31 Januari 2023 21:13 WIB

SonoraBangka.id -  Salmon sering kali ditemui dalam masakan khas Jepang, seperti sushi, sashimi, dan donburi. Dibandingkan dengan beberapa jenis ikan lainnya, salmon termasuk ikan yang dijual dengan harga tak murah. Itu sebabnya, kamu harus mengolah ikan ini dengan tepat. Termasuk saat mengirisnya sebelum dimasak atau disajikan mentah. Coba simak dan ikuti tiga cara mengiris salmon yang disampaikan Ryo Rivaldo, pemilik Ryukudo, berikut ini.

1. Siapkan salmon

Menurut Ryo, ada dua jenis salmon yang paling sering ditemui di Indonesia, yakni salmon segar dan salmon beku. "Kalau salmon beku itu lebih pucat karena sudah freeze, pas dicairkan lemaknya keluar, jadi warnya pucat, kurang wangi dan kurang minyak," kata Ryo saat ditemui Kompas.com, Jumat (27/1/2023). Sebaliknya, salmon segar memiliki warna merah muda cenderung oranye dan kandungan lemak yang penuh. Kamu dapat memilih satu dari keduanya saat membuat makanan khas Jepang. Salmon segar bisa menjadi pilihan terbaik.

2. Pakai pisau tajam

Hindari asal memakai jenis pisau saat mengiris salmon karena bisa memengaruhi irisan akhirnya nanti. Ryo menyarankan, sebaiknya gunakan jenis pisau tajam yang biasanya memiliki satu mata pisau. "Bentuk pisaunya panjang dan tipis untuk membedakan sisi kulit dan dagingnya. Jadi, mengirisnya bisa lebih gampang," kata Ryo.

3. Iris berlawanan arah 

Salmon memiliki garis-garis putih yang dikenal dengan albumin. Ini bisa menjadi patokan saat mengirisnya. Bukan searah, menurut Ryo, mengiris salmon harus berlawanan arah agar tidak pecah setelah dipotong.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Iris Salmon, Bekal Bikin Makanan Khas Jepang", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/01/31/180700875/3-cara-iris-salmon-bekal-bikin-makanan-khas-jepang.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm