Paket bahan makanan untuk shabu-shabu di All You Can Eat Washoku Sato.
Paket bahan makanan untuk shabu-shabu di All You Can Eat Washoku Sato. ( KOMPAS.com/Miftahul Rizky)

Sama-Sama Hidangan Berkuah, Lalu Apa Beda Shabu-Shabu Dan Steamboat?

31 Januari 2023 21:21 WIB

SonoraBangka.id - Shabu-shabu dan steamboat merupakan hidangan berkuah yang sekilas terlihat mirip. Kedua makanan ini berasal dari negara berbeda. Shabu-shabu berasal dari Jepang, sementara steamboat merupakan hidangan dari China. Direktur Indosato Jaya Makmur Tomoki Nakano dibantu oleh Supervisor Operational Washoku Sato sekaligus penerjemah Andreyas Crystivian Dani, menjelaskan perbedaan shabu-shabu dan steamboat. "Kalau steamboat, semua bahan makanannya langsung direbus menjadi satu. Mulai dari sayuran sampai udang," kata Nakano saat ditemui Kompas.com di Washoku Sato Batu Tulis, Rabu (25/1/2023). Berbeda dengan steamboat, bahan makanan untuk shabu-shabu akan dimasukkan satu per satu, mulai dari tekstur yang paling keras hingga lunak.

Biasanya dimulai dari sawi putih dan wortel. Sayuran ini dimasukkan ke dalam kuah shabu-shabu yang sudah mendidih. Kemudian, dilanjut dengan tahu dan jamur. Bahan makanan yang dipakai dalam steamboat dan shabu-shabu juga berbeda. Nakano mengatakan, shabu-shabu asli Jepang hanya terdiri dari kuah, sayur dan dua jenis saus, yakni ponzu dan goma tare. Namun, shabu-shabu yang ada di Indonesia saat ini memiliki lebih banyak isian, sesuai dengan selera orang Indonesia. Ada bakso, daging, hingga chikuwa. "Jadi nama shabu itu menunjukkan cara bolak-balik daging atau sayuran di dalam kuah kaldunya. Cukup satu kali bolak-balik saat dicelupkan ke kuah, makanya disebut shabu-shabu," jelas Nakano. Mirip dengan shabu-shabu di Indonesia, isian steamboat juga terdiri dari sayuran dan aneka bakso. Hanya saja, lebih beragam.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Apa Bedanya Shabu-shabu dan Steamboat?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/01/27/171000975/apa-bedanya-shabu-shabu-dan-steamboat.
Penulis : Krisda Tiofani
Editor : Silvita Agmasari

Kompascom+ baca berita tanpa iklan: https://kmp.im/plus6
Download aplikasi: https://kmp.im/app6

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm