Perkembangan fisik masa pubertas
Perkembangan fisik masa pubertas ( shutterstock.com)

Orangtua Harus Tahu, Ini Ciri-Ciri Reproduksi Anak yang Sehat

4 Februari 2023 06:59 WIB

SonoraBangka.id - Memang, sangat penting untuk diperhatikan dalam menjaga kesehatan reproduksi.

Bahkan kesehatan reproduksi sudah harus diperhatikan sejak anak berusia dini.

Orangtua di sini sangatlah berperan penting dalam menjaga kesehatan reproduksi anak sejak usia kecil.

"Sejak bayi, kita (orangtua) sudah harus aware karena nanti jika ada keterlambatan pengobatan ataupun mengatasi masalahnya kita bisa obati secara maksimal.

Harus diketahui oleh ayah bunda semuanya, yang pertama adalah melalui usia buah hatinya, pas baru lahir, masa pubertas, dan saat remaja," kata dr. M. Dwi Priangga, Sp.OG, yang merupakan Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi saat Live Instagram dengan NOVA beberapa waktu lalu.

Menurut dr. Dwi, kesehatan repoduksi anak merupakan investasi awal yang harus dijaga dan diperhatikan.

"Karena pertama kesehatan reproduksi merupakan investasi dari awal, karena berdampak besar terhadap kesehatan anak kita nanti," timpalnya. 

Lebih lanjut, menurut dr. Dwi orangtua sudah harus memerhatikan sejak anaknya baru lahir, apakah ada kelainan atau tidaknya.   

"Misalkan pada kasus ya walau sangat jarang kalau dilihat dari presentase misal dari lahir sudah dilihat adanya kasus ambiguous genetalia itu harus segera dievaluasi dari segi kromosomnya," ucapnya. 

Tahapan selanjutnya, orangtua juga harus memerhatikan anak pada saat masa pubertasnya tiba.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm