Ilustrasi soun, terbuat dari pati kacang hijau. Biasanya disebut juga glass noodle.
Ilustrasi soun, terbuat dari pati kacang hijau. Biasanya disebut juga glass noodle. ( SHUTTRESTCOK/JREIKA)

Rendam Pakai Air Dingin, Berikut 3 Cara Masak Soun Agar Tak Lengket

4 Februari 2023 20:52 WIB

SonoraBangka.id - Soun bisa kamu olah menjadi menu masakan spesial, misalnya saja soun goreng. Namun, sebelum kamu mengolah soun menjadi makanan istimewa. Kamu perlu memasak soun terlebih dahulu agar lunak. Dilansir dari berbagai sumber, berikut cara memasak soun agar tidak lengket yang mudah kamu ikuti. Bikin hasil dari soun buatanmu tidak saling melekat. 

1. Rendam soun dengan air dingin

Dilansir dari majalah Saji ED 361 July 2016 terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, soun harus direndam di dalam air dingin. Hal ini karena bahan utama membuat soun adalah sagu. Kalau soun direndam dengan air panas, sisa sagu yang terkandung di dalam soun menjadi lem. Kandungan sagu yang berubah tersebut bisa membuatnya saling melekat satu sama lain.

2. Masak soun dengan berbagai bumbu

Tidak perlu merasa khawatir soun akan mengeras karena direndam dengan air dingin. Pasalnya, jika soun dimasak dengan bumbu dan kecap. Maka air atau kaldu yang digunakan untuk memasak soun akan membuatnya empuk. Baca juga: 4 Cara Masak Bihun agar Tidak Hancur dan Menggumpal 3 Cara Goreng Mi atau Bihun agar Tidak Putus, Meskipun dalam Jumlah Banyak 

3. Cara masak soun menjadi tumisan

Cara memasak soun yang enak selanjutnya adalah dengan ditumis menggunakan wajan sisi miring, seperti yang dilansir dari laman eHow. Menumis soun bisa membuatnya tetap lembab, gunakan beberapa sendok makan minyak kemudian masak cepat. Baca juga: Resep Bihun Kuah Tomyam, Masak Cepat Cuma 30 Menit Resep Bihun Kuah Daging Giling, Sarapan ala Kedai Bakmi Tambahkan protein seperti daging ayam atau sapi. Masak protein hingga berwarna kecoklatan. Tambahkan sayuran dan tumis selama dua menit agar hasilnya tetap renyah. Setelah itu, baru tambahkan soun di dalam tumisan. Masak mie soun selama dua menit agar empuk dan lembab.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Masak Soun agar Tidak Lengket, Rendam di Air Dingin", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2022/02/23/100700175/3-cara-masak-soun-agar-tidak-lengket-rendam-di-air-dingin?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm