Posisi Parkir Mobil di Lahan Parkir(Dicky Aditya Wijaya)
Posisi Parkir Mobil di Lahan Parkir(Dicky Aditya Wijaya) ( KOMPAS.COM)

Harganya Masih Beda-beda, Tarif Parkir Valet Bakal Diatur Resmi

5 Februari 2023 20:34 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Parkir valet biasanya kini menjadi layanan yang diberikan oleh pusat perbelanjaan, restoran maupun hotel di sejumlah kota besar.

Parkir valet atau memarkir kendaraan oleh petugas jasa valet memudahkan pemilik kendaraan untuk mencari tempat parkir.

Biasanya, pemilik mobil akan dikenakan sejumlah tarif untuk memakai layanan ini. Tarif dari setiap valet juga berbeda satu sama lain.

Oleh karena itu, hal ini sering membuat sejumlah pengendara harus menerka-nerka harga dari setiap tempat yang menyediakan jasa valet parking.

Ketua Indonesia Parking Association (IPA), Rio Octaviano, mengatakan kalau saat ini belum ada regulasi yang mengatur tarif valet parking.

“Tarif valet parking itu, khususnya di Jakarta seperti di mal belum diatur. Jadi sekarang yang baru atur itu tarif parkirnya. Tapi kalau tarif valet parking itu memang belum diatur. Memang baru ada rencana akan diatur untuk tarif valet,” kata Rio kepada Kompas.com, Sabtu (5/2/2023).

Rio menyebutkan bila Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 120 Tahun 2012 tentang biaya parkir pada penyelenggaraan fasilitas parkir untuk umum di luar badan jalan.

Sementara itu, untuk pengaturan valet parking belum mempunyai regulasi resmi sehingga pengguna layanan ini harus merogoh kocek sekitar Rp 30.000 hingga Rp 300.000.

“Jadi sejauh ini tarifnya masih beda-beda. Aturan yang dibuat rata-rata untuk self parking atau parkir sendiri, jadi belum diatur regulasi tarif valet parking,” kata Rio.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Harganya Tidak Seragam, Tarif Parkir Valet Bakal Diatur Resmi", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/02/05/124100815/harganya-tidak-seragam-tarif-parkir-valet-bakal-diatur-resmi.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm