ilustrasi melelehkan cokelat dan mentega untuk membuat brownies.
ilustrasi melelehkan cokelat dan mentega untuk membuat brownies. ( shutterstock/Juriah Mosin)

Berikut 5 Tips Membuat Hidangan Penutut Dari Cokelat Di Rumah

5 Februari 2023 21:07 WIB

SonoraBangka.id - Cokelat adalah salah satu bahan penting yang dibutuhkan untuk membuat kue hidangan penutup. Terdapat beberapa jenis cokelat yang cocok digunakan untuk kue, selain itu ada cara terbaik untuk melunakkannya dan mendinginkan cokelat. Pilih secara tepat cokelat untuk dessert kesayanganmu, simak tips membuat hidangan penutup dari cokelat, dikutip dari Foodandwine.com, berikut selengkapnya. 

1. Melunakkan dan menjaga cokelat tetap panas

Terdapat beberapa cara agar cokelat berhasil dilunakkan, yaitu proses memanaskan serta mendinginkan cokelat secara perlahan untuk mempersiapkan membuat cokelat. Cara memanaskannya bisa dengan microwave, air mendidih, namun ada cara lain yang bisa dicoba dengan meletakkan heating pad di bawah cokelat untuk menjaga tetap panas. Suhu terbaik untuk dark chocolate ada pada suhu 90 derajat celcius.

2. Jangan menggunakan cokelat chips

Couverture atau cokelat yang diformulasikan dengan persentase mentega kakao lebih tinggi sehingga teksturnya akan mengental, seperti cokelat chips. Cokelat chips mengandung pengental seperti soy lecithin, saat di oven bentuknya akan tetap cokelat chips. Tekstur kental akan sulit untuk dilunakkan.

3. Persediaan alat-alat

Membuat permen cokelat tidak perlu peralatan yang mahal, sediakan pengecek suhu, spatula, offset spatula, piping bags, dan cetakan silikon. Baca juga: 5 Cara Olah Cokelat untuk Bikin Buket, Ide Jualan Menjelang Valentine

4. Sediakan minyak kelapa

Kesalahan dalam pembuatan permen cokelat mungkin akan terjadi untuk itu sediakan minyak kelapa. Jika cokelat terlalu kental, kamu dapat menambahkan sedikit minyak kelapa untuk mengencerkannya.

5. Tidak perlu mahal

Membuat permen cokelat tidak perlu mahal, gunakan bahan yang sudah ada di dapur seperti biskuit, selai untuk isian, atau buah-buahan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Tips Membuat Hidangan Penutup dari Cokelat di Rumah", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/02/04/070300175/5-tips-membuat-hidangan-penutup-dari-cokelat-di-rumah.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm