Ilustrasi parkir mobil basement(aceh.tribunnews.com)
Ilustrasi parkir mobil basement(aceh.tribunnews.com) ( KOMPAS.COM)

Menggunakan Jasa Valet Parking, Jangan Tinggalkan Barang Berharga di Mobil

5 Februari 2023 21:43 WIB

SONORABANGKA.ID - Untuk Mencari lahan parkir mobil di mal atau pusat perbelanjaan sering menjadi hal yang sulit, terutama saat akhir pekan.

Hal ini membuat sebagian pemilik mobil memutuskan untuk menggunakan bantuan dari jasa valet parking.

Pemilik mobil cuma perlu mengeluarkan sejumlah tarif agar petugas valet membantu pemilik mobil untuk mencari lahan parkir.

Tapi, jasa valet parking sering lebih mahal dari parkir biasa. Apalagi, mobil dikemudikan oleh salah satu petugas valet, sehingga bisa mengendalikan dan mengakses mobil sepenuhnya.

Tentunya ini menjadi hal yang harus diantisipasi lantaran mobil merupakan kendaraan yang tidak murah. Tidak cuma itu, beberapa pemilik mobil juga kerap menaruh sejumlah benda atau barang berharga di kabin mobil.

Oleh karena itu, menggunakan jasa valet parking tidak luput dari beberapa kejadian kurang menyenangkan dari oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Jadi tips ini bisa digunakan oleh perempuan juga kalau tidak ada ladies parking dan mau pakai layanan parking valet, pastikan saja bahwa barang-barang berharga di kendaraan itu jangan ada yang ditinggal, lalu pilih petugas valet yang jelas berupa tanda bukti dari layanan valet yang jelas juga,” kata Ketua Indonesia Parking Association (IPA), Rio Octaviano kepada Kompas.com, Sabtu (5/2/2023).

Rio menjelaskan jika biasanya setiap petugas dari layanan valet yang tepat akan memastikan kendaraan dan barang yang ada di dalamnya aman. Hal ini telah menjadi SOP dari setiap layanan valet parking resmi di Indonesia.

Sehingga sebelum petugas valet akan mengendarai mobil tersebut, akan bertanya kepada pemilik mobil mengenai legitimasi kendaraan. Kemudian, petugas valet harus menyampaikan ke pemilik kendaraan ada barang yang mau dibawa atau tidak.

“Kalau ada barang berharga di dalam mobil takut terjadi kehilangan karena jadi petugas valet ini banyak resikonya. Jadi memang untuk mencegah resiko tersebut karena sudah diperkirakan oleh operator valet,” kata Rio.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pakai Jasa Valet Parking, Jangan Tinggalkan Barang Berharga di Mobil", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/02/05/140737215/pakai-jasa-valet-parking-jangan-tinggalkan-barang-berharga-di-mobil.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm