Ilustrasi melelehkan cokelat batangan
Ilustrasi melelehkan cokelat batangan ( Dok. Pexels/ Cottonbro)

Hasilnya Kasar Dan Berpasir, Berikut 4 Kesalahan Masak Cokelat

6 Februari 2023 15:05 WIB

SonoraBangka.id - Menjelang Valentine Day, beberapa orang mungkin ingin membuat cokelat ala rumahan untuk berbagai hidangan. Mulai dari puding, bolu, kue tart, hingga kue kering.  Jika kamu ingin membuat salah satu dari hidangan tersebut, ada baiknya untuk mengetahui kesalahan apa saja yang bisa dihindari untuk membuat lelehan cokelat yang licin dan mengilap.  Simak kesalahan masak cokelat yang bisa bikin hasilnya kasar dan berpasir. 

1. Lelehan cokelat terkena cipratan air

Dilansir dari laman The Spruce Eat, Cokelat terbuat dari campuran lemak dan partikel kering seperti bubuk kakao dan gula. Saat dilelekan, kedua bahan tersebut akan terpecah secara merata. Hanya saja, jika cokelat leleh terkena cipratan air maka partikel kering dalam cokelat akan menjadi lembab dan mulai menempel. Inilah mengapa cokelat lele menjadi kasar dan menggumpal.

2. Menggunakan sendok kayu

Pada saat melelehkan cokelat, sebagian orang mungkin akan menggunakan sendok atau sendok kayu. Padahal cara ini justru bisa membuat cokelat menjadi lembab karena cairan yang terperangkat di dalam peralatan tersebut.

3. Menggunakan panci kecil untuk cokelat

Sebelum air mendidih sebaiknya matikan api kompor. Hal ini untuk mencegah percikkan api ke dalam panci berisikan cokelat yang akan dilelehkan. Oleh karena itu, hindari menggunakan panci kecil saat melelehkannya.

4. Menutup cokelat yang masih panas

Jangan pernah menutup cokelat yang masih panas dengan tutup tanpa lubang. Panaskan cokelat bisa membentuk kondensasi yang bisa menetes ke dalam lelehan cokelat sehingga bisa menyebabkan cokelat leleh menjadi kasar.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Kesalahan Masak Cokelat yang Bikin Hasilnya Kasar dan Agak Berpasir", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/02/02/121100175/4-kesalahan-masak-cokelat-yang-bikin-hasilnya-kasar-dan-agak-berpasir.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm