Yang Mulia Hsing Yun seorang Biksu Buddha Tiongkok meninggal dunia pada usia 95 tahun, Minggu (5/2/2023) sore.
Yang Mulia Hsing Yun seorang Biksu Buddha Tiongkok meninggal dunia pada usia 95 tahun, Minggu (5/2/2023) sore. ( TRIBUNNEWS.COM)

Guru Hsing Yun, Biksu Buddha Tiongkok dan Pendiri Fo Guang Shan Tutup Usia

6 Februari 2023 16:55 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Yang Mulia Hsing Yun seorang Biksu Buddha Tiongkok meninggal dunia pada usia 97 tahun, Minggu (5/2/2023) sore.

Pendiri Fo Guang Shan, sebuah gerakan agama baru besar, serta berafiliasi pada Ikatan Terang Buddha Internasional ini disebut sudah menjalani perawatan di rumah sakit karena serangan stroke.

Dikutip dari Wikipedia, Hsing Yun adalah seorang pemegang garis penerus aliran Linji Buddha Chan generasi keempat puluh delapan dari Master Zhi Kai, gurunya.

Ia menjabat sebagai direktur dan kepala biara ordo tersebut pada masa jabatan pertama, kedua dan ketiga sebelum secara sukarela mengundurkan diri dari jabatannya pada 1985 untuk digantikan oleh muridnya, Hsin Ping.

Hsing Yun dikenal karena filsafat "Buddhisme Humanistik"nya yang dikembangkan oleh ordo Fo Guang Shan

Di Taiwan, Hsing Yun dikenal karena aktivitasnya dalam urusan politik, utamanya pada kebijakan satu Tiongkok serta legislasi pemerintahan yang didukung oleh Kuomintang, dan sering dikritik karena pandangannya terhadap kemerdekaan Taiwan dan figur-figur keagamaan.

Ia adalah seorang figur pada kontroversi keuangan kampanye Amerika Serikat 1996 yang melibatkan Wakil Presiden AS Al Gore dan sebuah kunjungan pada Kuil Hsi Lai, cabang A.S. dari organisasi Hsing Yun.

Kabar meninggalnya Yang Mulia Hsing Yun telah membuat banyak umat pengikutnya terpukul.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Guru Hsing Yun, Biksu Buddha Tiongkok dan Pendiri Fo Guang Shan Meninggal Dunia, https://www.tribunnews.com/internasional/2023/02/06/guru-hsing-yun-biksu-buddha-tiongkok-dan-pendiri-fo-guang-shan-meninggal-dunia.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm