Direktur Angkutan Jalan Kementerian Perhubungan Suharto (kemeja batik) dalam diskusi di Persroom Kemenhub, Jakarta, Selasa (7/2/2023). Kemenhub ungkap pihak swasta masih enggan melirik bisnis angkutan darat perintis.
Direktur Angkutan Jalan Kementerian Perhubungan Suharto (kemeja batik) dalam diskusi di Persroom Kemenhub, Jakarta, Selasa (7/2/2023). Kemenhub ungkap pihak swasta masih enggan melirik bisnis angkutan darat perintis. ( KOMPAS.com)

Kemenhub Alokasikan Anggaran Rp 774 Miliar untuk Subsidi Angkutan Perintis 2023

8 Februari 2023 11:08 WIB

SonoraBangka.ID - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat menyiapkan anggaran sebesar Rp 774 miliar untuk subsidi angkutan perintis di lingkup transportasi darat. Adapun 3 jenis layanan keperintisan yaitu angkutan jalan, angkutan barang, dan penyeberangan.

Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Amirulloh mengatakan, alokasi anggaran untuk subsidi angkutan perintis transportasi darat ini mengalami kenaikan 31 persen dari tahun sebelumnya.

“Tahun ini ada kenaikan anggaran 31 persen dari tahun sebelumnya yakni menjadi Rp 774 Miliar. Adapun rinciannya yaitu angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan Rp583 Miliar, Angkutan Jalan Perintis sebesar Rp177,4 Miliar, dan Angkutan Barang Perintis sebesar Rp13,5 Miliar,” kata Amirulloh dalam diskusi di Persroom Kemenhub, Jakarta, Selasa (7/2/2023).

Amirulloh mengatakan, pada Tahun Anggaran 2023 ini subsidi keperintisan angkutan jalan ada di 327 trayek dan subsidi angkutan barang ada di 6 lintasan, sementara untuk subsidi perintis penyeberangan ada di 274 lintas.

Ia mengatakan, ada 6 hal yang menjadi prioritas pemerintah dalam pengembangan angkutan jalan perintis, yaitu perbatasan negara atau daerah terluar, daerah pendidikan nasional, daerah pasca bencana, daerah terisolir atau belum berkembang, kawasan transmigrasi, dan integrasi dengan moda angkutan perintis lainnya.

“Kami memang dengan tol laut sudah coba mengintegrasikan hal ini sehingga ke depannya harga manfaat dari tol laut yang sudah ada dapat lebih maksimal,” ujarnya.

Amirulloh juga mengatakan, Ditjen Hubdat terus berusaha agar angkutan perintis bertumbuh menjadi komersil. Ia mengatakan, jika angkutan di daerah menjadi komersil, ekonomi ikut berkembang.

“Sejak tahun 2020, ada 10 trayek angkutan jalan perintis yang menjadi komersil. Di peta keperintisan yang terlihat ada di seluruh provinsi, kita ada di seluruh Indonesia,” tuturnya.

Amirulloh mengatakan, angkutan barang perintis juga hadir di wilayah-wilayah 3TP yang sangat membutuhkan sarana transportasi bagi barang kebutuhan masyarakat seperti di Tanjung Selor, Timika, Natuna, Merauke, dan Banda Aceh.

Lebih lanjut, ia menambahkan, untuk angkutan penyeberangan perintis, pemerintah menyiapkan konsep Sabuk di mana perintis merupakan bagian dari Sabuk Penyeberangan.

“Dalam 5 tahun terakhir, total lintas penyeberangan perintis yang dikomersilkan sebanyak 24 lintas. Salah satu kriteria angkutan penyeberangan perintis yang dijadikan komersil jika load factor-nya melebihi 60 persen,” ucap dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kemenhub Alokasikan Anggaran Rp 774 Miliar untuk Subsidi Angkutan Perintis 2023", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2023/02/07/211000126/kemenhub-alokasikan-anggaran-rp-774-miliar-untuk-subsidi-angkutan-perintis.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm