Salah satu gaya hidup sehat dari Rasulullah (Shallallahu alaihi wa sallam) yang bisa kita tiru adalah tidak makan berlebihan
Salah satu gaya hidup sehat dari Rasulullah (Shallallahu alaihi wa sallam) yang bisa kita tiru adalah tidak makan berlebihan ( dok.pri)

Yuk Terapkan untuk Sehari-hari, Inilah Diet Sehat ala Rasulullah

13 Februari 2023 13:26 WIB

SonoraBangka.id - Tidak sulit, mau tahu diet sehat ala Rasulullah yang hanya mengatur program makan?

Diet sehat ala Rasulullah sangat bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Dilansir dari Kompas.tv, Prof Dr Abdul Basyid Muhammad As Sayid, pakar kedokteran dan biofisika mengatakan bagaimana Rasulullah mengatur program makan sehingga kesehatan tubuh tetap terjaga.

Menurut diet sehat ala Rasulullah, sebaiknya kita memakan buah-buahanan lebih dulu sebelum makan makanan yang berat.

Selanjutnya makan dengan menggunakan 3 jari. Makan cara duduk dalam posisi tegak sambil mengunyah makan secara perlahan.

Rasul melarang kita bersikap rakus dan berlebihan, makan sambil berbincang. Sebaiknya melakukan kegiatan ringan setelah makan, dan tidak langsung tidur. 

Sebab Rasul melarang dengan keras kebiasaan tidur setelah makan, karena itu mendatangkan potensi untuk datangnya berbagai macam penyakit.

Selain itu Rasul juga memperingatkan kita untuk tidak mengonsumsi makan yang terlalu panas dan minuman yang terlalu dingin.  

Kemudian Rasul menyarankan kita untuk minum dengan cara 3 kali tegukkan. Kemudian bernapas, dan demikian seterusnya. Terakhir, cuci tangan dan tak lupa membaca hamdalah.

Rasul memberikan pemahaman bahwa setiap manusia seharusnya menentukan isi perut yang ideal. Yaitu 1/3 untuk makanan, 1/3 untuk air, dan 1/3 untuk udara.

Menurut Rasul, kesehatan kita sering ditentukan dari perut kita sendiri. Apa yang kita makan menentukan keadaan jasmani diri kita masing-masing.

Artikel ini telah terbit di https://nova.grid.id/read/053690065/diet-sehat-ala-rasulullah-bisa-diterapkan-untuk-sehari-hari

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm