Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI Filianingsih Hendarta setelah menjalankan fit and proper test calon Deputi Gubernur Bank Indonesia di Gedung DPR RI, Senin (13/2/2023)
Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI Filianingsih Hendarta setelah menjalankan fit and proper test calon Deputi Gubernur Bank Indonesia di Gedung DPR RI, Senin (13/2/2023) ( KOMPAS.com)

DPR RI Pilih Filianingsih Hendarta Jadi Deputi Gubernur BI

13 Februari 2023 18:02 WIB

SonoraBangka.ID - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI memilih Filianingsih Hendarta sebagai Deputi Gubernur BI periode 2023-2028 menggantikan Dody Budi Waluyo yang masa jabatannya berakhir pada April 2023.

Hal ini diungkapkan Anggota Komisi XI DPR RI lainnya Eriko Sotarduga setelah melakukan rapat internal pengambilan keputusan calon Deputi Gubernur BI pukul 3 sore ini.

"Dari dua ini yang dipilih secara aklamasi tadi oleh seluruh partai Ibu Filianingsih yang sama-sama Asisten Gubernur BI. Dua-duanya memang yang paling senior di BI yang sudah bekerja kurang lebih 38 tahun," ujar Eriko setelah rapat internal di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (13/2/2023).

Adapun Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengusulkan dua nama calon Deputi Gubernur BI yaitu Kepala Departemen Regional BI Dwi Pranoto dan Kepala Departemen Sistem Pembayaran BI Filianingsih Hendarta.

Anggota Komisi XI DPR RI Mukhamad Misbakhun mengatakan, pemilihan Deputi Gubernur BI ini dilakukan setelah dilaksanakannya fit and proper test pada siang hari tadi.

"Tadi setelah fit and proper test, ada rapat internal antara Kepala Kelompok Fraksi (Kapoksi) dan diputuskan secara aklamasi," ujar Misbakhun di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (13/2/2023).

Selanjutnya, keputusan dari DPR RI ini akan disampaikan dalam Rapat Paripurna, kemudian dilanjutkan dengan pelantikan oleh Mahkamah Agung.

Namun Misbakhun tidak dapat memastikan kapan Filianingsih akan dilantik. Pasalnya, hal ini akan bergantung dengan Keputusan Presiden yang akan diterbitkan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "DPR RI Pilih Filianingsih Hendarta Jadi Deputi Gubernur BI", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2023/02/13/163040626/dpr-ri-pilih-filianingsih-hendarta-jadi-deputi-gubernur-bi.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm